Senin, 31 Juli 2017

Halo bro, mengawali bulan Agustus ini kayaknya asik kalau kita bahas skincare Asia, walaupun sudah nggak begitu gemerlap seperti tahun 2012-2016 tapi yang pasti masih booming kalau kita perhatikan.

Yang jadi kiblat skincare Asia tentu saja Korea seperti penemuan BB Cream sampai 10 step beauty routines! Walaupun begitu beberapa produk Jepang juga menjadi primadona di Indonesia. Kalau produk dari Tiongkok kok jarang denger yah, maaf, mungkin masih diasosiasikan dengan barang abal-abal jadi agak meragukan. Apa akunya saja yang kurang update. Hehehe.

Oke kita mungkin sudah dengar produk Innisfree, History of Whoo, Hada Labo, Shiseido, SK II, Kose, Kanebo, Etude, dan masih banyak lagi bro! Nah tahu nggak beberapa produk perawatan tersebut ternyata memiliki beberapa kesamaan dalam bahan. Inilah yang menjadi ciri khas produk-produk skin care Asia.
Diagram lucu buatan picoprince.com
 Berikut ini adalah beberapa bahan ajaib yang menjadi ciri khas produk Asia.
  1. Vitamin A atau Retinol. Vitamin A seperti retinol adalah sejenis antioksidan yang mampu memerangi radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki kerusakan kulit. Sehingga produk berbahan dasar Retinol biasanya banyak terdapat pada produk anti penuaan dan memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari yang jahat. Review Produk : Vitacid dan RDL Babyface No. 3
  2. Vitamin B atau Niacinamide. Kita kenal sebagai Niacin atau vitamin B3 sebagai bahan aktif untuk mencerahkan wajah. Gunakan Niacin untuk mengurangi bekas kemerahan jerawat dan memperbaiki skin tone. Review Produk : Vitamin B dan Niacef
  3. Vitamin C atau L-Ascorbic acid. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari yang merusak. Review Produk : Lanaya Whitening Serum, Bion C Serum,  Probio-C Spray
  4. Aloe vera atau Lidah Buaya. Aku suka banget pakai lidah buaya apa lagi kalau hari sedang panas-panasnya! Adem! Lidah buaya mampu mendinginkan kulit dan meminimalisir kerusakan akibat sinar matahari. Bagi yang memiliki kulit kering lidah buaya juga mampu menghidrasi kulit.
  5. Arbutin. Arbutin banyak ditemukan pada batang tanaman berry, gandum, dan pir. Arbutin merupakan hidroquinone alami. Jadi arbutin ini aman bro digunakan sebagai pemutih kulit. Review Produk : Hada Labo Shirojyun
  6. Racun Lebah. Racun lebah? Kayaknya masih asing ya kalau di Indonesia. Racun lebah dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi kolagen dan elastin kulit.
  7. Produk Fermentasi. Produk-produk fermentasi ragi sangat bagus untuk kulit kita kenal pitera, galactomyces, saccaromyces dsb. Produk dengan bahan dasar ini bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Baca : Rahasia Awet Muda Emak
  8. Teh Hijau. Teh hijau tidak hanya bagus diminum tetapi juga dioleskan ke kulit. Teh hijau yang merupakan anti-oksidan kuat memiliki kemampuan anti-inflamasi, anti-aging, dan anti-karsinogenik.
  9. Madu dan Royal Jeli. Selain enak ternyata madu dan royal jeli sangat bagus untuk kulit. Memiliki kemampuan anti septik dan menghidrasi kulit, bagus untuk melawan jerawat dan kulit kering.
  10. Hyaluronic acid atau Asam Hialuronat. Masih ingat iklan produk yang mengatakan 1 tetes Hyaluronic acid mampu menahan enam liter air? Terlihat lebay ya? Tapi memang penggunaan Hyaluronic acid sangat dianjurkan bagi yang memiliki kulit kering. Tapi aku sendiri berkulit berminyak suka banget dengan produk berbahan dasar asam hialuronat. Review Produk : Hada Labo Gokujyun
  11. Susu. Susu sudah terkenal sejak jaman dahulu kan? Konon katanya Cleopatra suka sekali mandi susu untuk menjaga kecantikannya. Susu memang banyak digunakan pada produk lulur dan sabun kecantikan karena memiliki kemampuan melembapkan dan mencerahkan.
  12. Kolagen. Nah ini termasuk produk yang cukup kontroversial. Hati-hati bagi kalian yang muslim dan membeli produk impor via toko online. Di Korea dan Jepang, produk kolagen pada umumnya diproduksi menggunakan kolagen babi yang mudah dan murah untuk diproduksi. Kolagen sendiri mirip asam hialuronat, mampu membuat perlindungan dan melembapkan kulit walaupun jumlahnya sangat sedikit yang dioleskan.
  13. Beras. Nah ini kesukaan emak-emak kita termasuk emak aku. Ada yang suka lihat emaknya pakai bedak dingin? Yah bedak dingin terbuat dari beras. Pitera sendiri juga merupakan hasil fermentasi beras. Beras kaya akan vitamin B3, jadi jangan pernah buah air cucian beras. Gunakan untuk cuci muka sangat bermanfaat dan murah meriah! Baca : Membuat Lulur Beras Fermentasi
  14. Mawar. Yang suka maskeran atau luluran pasti nggak asing dengan air mawar. Selain baunya yang harum, air mawar yang asli dan  minyak mawar mengan dung vitamin A dan C jadi sangat bagus untuk kulit kita.
  15. Bekicot atau Siput. Wew ini memang agak menjijikan, tapi tahukah kalian lendir bekicot ternyata mampu mempercepat penyembuhan luka kulit. Kalau jijik oles-oles lendir bekicot yan mending beli produk yang sudah dikemasa saja bro.
  16. Syn-ake atau Bisa Ular Sintetis. Namanya saja sintetis tentu bisa atau racun ular yang ini aman bagi kita. Fungsinya mirip dengan botox, jadi ya nggak jauh-jauh amat dari  anti-aging
  17. Bintang Laut. Ini juga jarang didengar di Indonesia, tapi kita sering mendengar produk dari saudara bintang laut yaitu gamat alias teripang. Mereka ini masih berkerabat lho bro. Fungsinya dipercaya memperbaiki kekenyalan kulit.
  18. Yoghurt. Yoghurt mengandung asam laktat yang termasuk dalam kelompok AHA. Bahan yang tergolong AHA atau alpha hydroxy acid biasanya digunakan sebagai pengangkat sel kulit mati. Jadi kulit akan menjadi semakin cerah dan tidak kusam!
Itu dulu bro daftar bahan ajaib yang paling sering ada di produk skincare asia. Secara pribadi hampir semua produk di atas sudah pernah dicoba kecuali racun lebah, syn-ake, dan bintang laut. Semoga bermanfaat.

Salam Ganteng

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Posting Komentar

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.