Kamis, 01 Desember 2016

Punya mulut bau pasti mengganggu kan bro? Bahkan bisa mengurangi kepedean? Sebenarnya apa sih bikin mulut kita bau dan bagaimana cara mengatasinya?

Pada dasarnya penyebab umum mulut bau adalah aktivitas bakteri. Bakteri yang membusukkan sisa-sisa makanan akan mengeluarkan gas yang membuat mulut kita bau naga. Hahaha. Maka cara mengatasinya ya sederhana, yaitu menjaga kebersihan mulut. Setidaknya kita harus membersihkan gigi kita setelah makan dan sebelum tidur. Tidak hanya dengan sikat gigi tetapi juga dengan benang gigi (flossing), karena sikat gigi kurang efektif membersihkan celah-celah gigi. 

Membersihkan gigi secara teratur juga akan mencegah terbentuknya plak, karang gigi dan gigi berlubang. Ketiganya bisa menjadi sumber bau mulut lho. Karang gigi ini terbentuk dari debris alias gudhal alisa sisa makanan yang mengalami kalsifikasi atau mengeras akibat terlapisi kalsium dari air ludah. Karang gigi kalau sudah terbentuk akan menjadi sarang bakteri dan mulut akan bau jigong. Nah kalau kalian merasa sudah rajin membersihkan gigi tapi tetap bau jigong coba saja periksa ke dokter gigi, mungkin terdapat masalah pada gigi kalian. Nggak usah takut, membersihkan karang gigi atau skaling (scaling) tidak menyakitkan kok. Kalau takut mahal kalian bisa menggunakan fasilitas BPJS, skaling satu tahun sekali. Gigi berlubangpun juga bisa menyebabkan bau mulut, karena mungkin ada sisa makanan yang terjebak di sana.

karang gigi sebelum dan sesudah skaling

Penyebab yang lain dari bau mulut adalah masalah perut kalian! Kok bisa bro? Ingat mulut kita kan terhubung oleh usus, hehehe. Pada umumnya tukak lambung, maag, dan asam lambung naik dapat menyebabkan bau mulut. Untuk itu kalian sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk mengatasinya.

Ketidakseimbangan bakteri juga akan menyebabkan bau mulut. Untuk memperbaiki keseimbangan bakteri dalam mulut dan saluran cerna kita, ada baiknya kita mengkonsumsi yoghurt atau secara teratur. Fermentasi susu terutama yang masih menganduk bakteri aktif sangat baik bagi pencernaan kita termasuk mulut.

Penyebab bau mulut keempat adalah mulut kering. Problem ini sering terjadi pada saat kita berpuasa. Ketika kita berpuasa, produksi saliva atau air liur kita berkurang, ini akan menyebabkan penumpukan sel-sel mati dan debris pada mulut. Nah keadaan seperti ini ideal sekali bagi bakteri. Untuk mengatasinya, bagi yang muslim dan berpuasa kalian bisa kok berkumur saat berwudhu tapi ingat hati-hati biar tidak tertelan.

Bagaimana dengan produk mouthwash alias obat kumur? Hati-hati memilih produk mouthwash, hindari yang mengandung alkohol. Alkohol akan membuat mulut kering dan tahu sendiri kan, ujung-ujungnya mulut tetap bau walaupun diawal terasa fresh.

Terakhir, penyebab bau mulut adalah makanan. Nah kalau ini tentu sebaiknya dihindari atau kalau memang kebetulan suka jengkol, pete, durian dan penyebab bau mulut lainya kalian harus segera membersihkannya serta menyamarkan baunya. biasanya sih bisa makan sedikit kopi hitam. Oh iya, hati hati yang suka minum kopi dan teh, mereka berdua bisa memicu bau mulut lho. Hehehe.

Tips : kunyah permen karet, akan membantu membersihkan gigi dan mencegah bau mulut.

Sekian dulu, semoga bermanfaat.
Salam Ganteng.


Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Posting Komentar

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.