Jumat, 07 Oktober 2016

Halo Non, Bang lama nggak nulis artikel yang berbau personal hehehe. Nah kali ini aku bakal mencoba menelisik rahasia awet muda Si Emak.

Seminggu yang lalu, aku pergi ke studio rias pengantin. Ya tujuan utamanya sih memang persiapan buat nikah tahun depan, booking dulu hehehe. Kebetulan pemilik studio rias pengantin ini masih saudara dengan Mbak Pacar jadi lumayan lah dapat diskon bisa irit. Hihi. Aku dua kali ke situ, yang pertama bareng bapak-emak buat tanya-tanya harga sekalian konsultasi lanjut booking. Dan yang kedua bareng Mbak Pacar buat ukur badan bikin baju pengantin. Nah waktu di sana juga sempet ngobrol-ngobrol tetntang perawatan khusus menjelang pernikahan. Di situ Mbak Meka, pemilik studio, sempet nyeletuk, "Mas ibunya masih muda ya?" Aku sih ketawa saja sambil jawab, "Muda gimana mbak? Orang sebentar lagi pensiun kok.", Mbak Meka nggak percaya karena mengira Si Emak itu perkiraan umurnya akhir 40an. Emang sih, kebanyakan orang suka salah nebak umur Si Emak. Hehehe

Wajah Si Emak emang masih keliatan kenceng, permasalahannya paling di hidung dan pipi ada komedo dan sedikit bintik hitam. Keriput juga masih sedikit dan kantong mata juga nggak ada padahal Emak itu super sibuk, bangun paling pagi, sekitar 04.30 sudah bangun buat masak dn bersih-bersih, jam 6.20 udah berangkat kerja, istirahat malam paling awal itu jam 22.00 bahkan kadang jam 00.30 baru tidur!

Kalau diperhatikan memang kulit Emak itu cenderung normal-berminyak. Bersyukurlah kalian yang dikaruniai kulit berminyak. Mengapa? Orang dengan kulit berminyak memiliki kelembapan kulit yang tinggi dan mampu menjaga elastisitasnya. Untuk produk perawatan dan kosmetik Emak sederhana banget. Bersihin wajah pakai milk cleanser Viva, pelembap pakai Citra Hazeline, bedak seingatku hanya bedak tabur Marcks dan bedak padat La Tulipe, lipstik nggak inget mereknya. Nggak pakai sunblok dan produk-produk yang rumit. Lebih banyak produk perawatanku daripada Emak. Hahahaha.

Dari kecil sampai aku mau nikah gini, sepertinya Emak pakai produk itu terus deh seperti citra, dulu seingatku pakai Snow Hazeline sekarang udah ganti jadi Citra Hazeline pun masih pakai. Setia banget. Kemungkinan rahasia awet muda Emak adalah minimnya kulit terkena kosmetik yang cukup keras dan air cucian beras. Oh iya kadang-kadang sih  Emak pakai bedak dingin dan masker dari endapan air cucian beras. 

Seperti yang kalian tahu fermentasi dari beras akan menghasilkan asam kojat atau kojic acid atau yang kita kenal sebagai pitera. Nah pitera ini memberi manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Inget kan produk yang mengandung pitera dan harganya naujubilah mahalnya? Emak pakai masker pitera murah meriah yaitu endapan air cucian beras ini paling seminggu 1-2 saja setiap melakukan ritual mensetrika baju.

Cara bikinnya gampang kok. Setiap kalian mencuci beras tampung airnya dalam baskom kemudian diendapkan. Setelah mengendap, cairan yang bening dibuang dan endapannya diletakkan di mangkuk kaca atau plastik. Simpan dalam kulkas. Nah selama disimpan dalam kulkas, endapan beras ini akan terfermentasi dan menghasilkan pitera yang bermanfaat bagi kulit. Ketika kalian mengoleskannya di kulit akan ada sensasi dingin dan bagi beberapa orang akan merasa gatal beberapa saat. Tenang saja, walaupun mengandung bakteri, fermentasi ini aman kok. Setelah kering tinggal bilas deh.

Bagaimana? Mau mencoba?

Salam Ganteng!

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Posting Komentar

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.