Rabu, 14 September 2016

Kulit cowok walaupun dikatakan lebih tebal tetapi memiliki problem tersendiri. Berikut ini adalah 12 problem kulit yang sering dialami atau diderita oleh cowok.

1. Jerawat
Berlawanan dengan pikiran banyak cowok, jerawat tidak akan muncul setelah pubertas selesai. Perubahan hormon memang berperan pada jerawat masa remaja tetapi faktor lain seperti kelembapan, stree, berkeringat dan penggunaan steroid akan mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat. Bahkan jika kamu adalah seorang cowok yang menjaga kebersihan dan pola makan kamu masih tetap bisa berjerawat. Faktanya mencuci muka terlalu sering malah akan memperparah jerawat. Jika jerawatmu cukup parah memang sebaiknya kamu mengunjungi dokter spesialis kulit. Jika takut atau malas ke dokter kulit kalian bisa mencoba obat jerawat seperti Vitacid atau Benzolac (Baca : Obat Jerawat Selain Vitacid)

2. Razor Burn
Razor Burn atau lecet akibat bercukur adalah rasa tidak nyaman dan kulit kemerahan setelah mencukur rambut (kumis, jenggot, dan jambang). Lecet ini dapat berkembang menjadi jerawat atau infeksi kulit. Salah satu penyebabnya adalah teknik mencukur yang salah. Sebelum mencukur bersihkan wajah dulu menggunakan air hangat. Gunakan pisau cukur yang bersih dan tajam. Gunakan pelumas seperti sabun atau gel khusus dan cukur searah dengan arah dengan arah tumbuh rambut dengan gerakan pendek-pendek. Lakukan dangan perlahan.

3. Sunburn
Sunburn atau terbakar sinar matahari adalah kerusakan kulit akibat terkena sinar UV. Beberapa cowok yang berkulit putih akan berubah menjadi udang rebus setelah terkena panas. Beberapa cowok yang berkulit gelap akan bertambah gelap. Untuk mencegahnya kalian bisa menggunakan sunscreen/sunblock, kaca mata hitam dan topi bahkan dalam cuaca mendung. Tapi jika sudah terbakar kalian bisa menggunakan minyak vitamin E. Buka kapsul vitamin E dan oleskan dua kali sehari. 

Rosacea
4. Rosacea
Kita sering menyamakan rosacea dan jerawat pada umumnya. Rosacea adalah peradangan kulit yang menyebabkan kulit kemerahan. Hal ini sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri. Dan jika tidak ditangani pasti akan  menjadi parah. Pengobatannya sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter kulit, karena setiap orang harus dicari pemicunya entah itu sinar matahari bahkan sampai makanan.  

5. Eksim
Jangan pernah menggaruk eksim! Menggaruk akan mengakibatkan infeksi dan membuat eksim semakin parah seperti berair, pecah-pecah, gatal, mengelupas, bersisik bahkan menipis. Eksim dapat terjadi berulang kali, penyebab secara umum adalah kulit kering dan stres. Untuk menanggulangi eksim kalian dapat menggunakan krim steroid topikal atau kortikosteroid, Vitamin D, dan pil antihistamin.

6. Kutu Air
Kutu air bukan disebabkan oleh kutu tetapi sejenis jamur pada kulit. Setiap cowok rentan tertular kutu air terutama yang senang berolah raga. Kutu air dapat menyebar dari sela-sela jari kaki masuk ke dalam kuku dan telapak kaki kalian. Untuk mengatasinya kalian bisa menggunakan krim anti jamur. Pastikan daerah yang terinfeksi selalu kering, cuci kaki menggunakan air garam akan membantu proses penyembuhan. Dan selalu jaga kebersihan dengan mengganti kaos kaki setiap hari.


Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Posting Komentar

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.