Jumat, 15 Juli 2016

Tidur adalah aktifitas alamiah dari kehidupan kita, disamping makan dan mendapatkan rileks atau istirahat. Tidur akan membuat Anda merasa lebih baik, tak hanya sekedar untuk meningkatkan suasana hati, atau mencegah lingkaran hitam dibawah mata. Orang dewasa sehat membutuhkan waktu tidur ideal antara 7- 8 jam sehari untuk memberikan waktu bagi otot dan fikiran beristirahat. Sementara itu hormon-hormon tertentu bisa bekerja hanya ketika kita tidur pulas dimalam hari, termasuk hormon pertumbuhan atau HGH. Karena begitu pentingya tidur bagi tubuh kita, maka kita perlu memastikan tidur kita sudah cukup setiap malam agar bisa memperoleh manfaatnya secara maksimal,

Berikut 5 manfaat Tidur 8 jam sehari.

1. Meningkatkan memori
Tahukah anda jika pikiran anda sangat sibuk jika sedang terjaga?. Selama tidur kita akan memperkuat ingatan, dan mempraktekkan ketrampilan yang dipelajari saat terjaga(ini adalah proses yang disebut dengan konsolidasi). Jika Anda mencoba untuk mempelajari sesuatu, baik itu fisik atau mental, maka selanjutnya Anda akan mempraktekkannya. Tetapi sesuatu terjadi saat Anda tidur, yaitu sesuatu yang membuat belajar Anda menjadi lebih baik.
Dengan kata lain,  jika Anda mencoba untuk mempelajari sesuatu, maka hasilnya akan kelihatan lebih baik setelah Anda tidur.

2. Kesempatan hidup lebih lama?
Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dikaitkan dengan umur yang lebih pendek, meskipun belum jelas apa penyebab dan efeknya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap wanita usia 50 hingga 79 pada tahun 2010, kematian lebih banyak terjadi pada wanita yang tidur kurang dari lima jam atau lebih sedikit setiap malam.

3. Tidur mempengaruhi kualitas hidup.
Banyak orang yang menganggap sepele dengan waktu tidur. Namun faktanya, jika Anda memiliki tidur yang lebih baik, maka Anda pasti bisa hidup lebih baik.

4. Mencegah peradangan
Peradangan adalah kondisi yang sangat terkait dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, arthritis, dan penuaan dini. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur, enam jam tidur atau kurang setiap malam,  memiliki tingkat protein inflamasi dalam darah yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka memiliki waktu tidur lebih banyak. Sebuah studi pada tahun 2010 menemukan bahwa protein C-reaktif, yang berhubungan dengan risiko serangan jantung, lebih tinggi pada orang-orang yang memiliki waktu tidur malam enam jam atau lebih sedikit. Orang dengan masalah sleep apnea atau insomnia bisa mengalami peningkatan tekanan darah dan peradangan dengan penggunaan obat-obatan gangguan tidur.

5. Memacu kreatifitas
Dapatkan tidur malam yang baik sebelum Anda keluar rumah untuk bekerja. Selain mengkonsolidasi dan memperkuat memori, otak juga akan menata dan merestrukturisasi memori, sehingga memberikan kita lebih banyak kreatifitas. Para peneliti di Harvard University dan Boston College menemukan bahwa selama tidur sepertinya memperkuat komponen emosional memori, yang bisa membantu memacu proses kreatif.

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Posting Komentar

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.