Kamis, 23 Juni 2016

Kalian pasti sering membaca artikel tentang manfaat vitamin B dan C untuk kulit seperti pada artikel Vitamin B Pemutih Kulit serta Vitamin C dapat Memutihkan Kulit. Nah sekarang bagaimana dengan manfaat vitamin A bagi kulit kita?

Kalau kalian mencari artikel tentang obat jerawat atau produk anti aging seperti Vitacid atau Ponds Miracle pasti kalian tidak asing dengan istilah retioid acid, asam retinoat, tretinoin, isotretinoin, dan retinol kan? Nah mereka itu adalah derivat atau bentuk alain dari vitamin A.

Kita lebih kenal vitamin A sebagai vitamin mata seperti yang diajarkan semasa sekolah. Padahal manfaatnya bagi kulit tidak kalah besar lho. Vitamin A sudah digunakan dalam mengobati jerawat, eksim, psoriasis, sunburn atau terbakar matahari, dan masih banyak lagi.

Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit seperti :
  1. Vitamin A mengatur kadar minyak dan kelembaban kulit. 
  2. Vitamin A memperkuat kulit sehingga tahan terhadap sinar matahari
  3. Vitamin A mengurangi pigmentasi sehingga kulit lebih cerah
  4. Vitamin A mengobati jerawat
Secara alami kita dapat memperolehnya dari beberapa sumber makanan. Ada 2 jenis vitamin A yang terdapat pada makanan yaitu kelompok retinol yang siap dimanfaatkan tubuh seperti pada hati ayam atau sapi dan kelompok karotenoid atau yang kita kenal sebagai pro-vitamin A yang perlu diolah lagi oleh tubuh contohnya beta karoten pada wortel, buah dan sayur berwarna oranye serta minyak goreng. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Beta karoten harus mengalami proses metabolisme untuk diolah tubuh agar bisa dimanfaatkan sedangkan vitamin A pada hati tidak memerlukan pengolahan dulu, langsung dimanfaatkan tubuh. Meskipun demikian beta karoten memiliki efek samping yang lebih kecil dibandingkan Vitamin A. Ketika tubuh kelebihan vitamin A, kita akan mengalami keracunan atau sering disebut hipervitaminosis. Baca : Keracunan Vitamin Bagian 1 dan Bagian 2.

Sumber lain vitamin A adalah suplemen. Namun kalian harus berhati-hati ya. Dosis yang dianjurkan adalah 1.300mcg atau 4.300 IU (international unit) per hari bagi orang dewasa walaupun tubuh masih bisa mentoleransi 10.000 IU. Kelebihan vitamin A bisa menyebabkan kerusakan hati, rasa mual, penyakit mental, osteoporosis bahkan kematian.

Salah satu merek suplemen vitamin A adalah keluaran IPI. Vitamin A IPI mengandung 6.000 IU vitamin A acetate.

Jadi kalau kalian ingin mengkonsumsi vitamin A memang lebih baik dari sumber alami. Jika ingin mengkonsumsi vitamin A IPI, secara pribadi aku sarankan tidak setiap hari ya.

Semoga bermanfaat!
Salam ganteng.

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Posting Komentar

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.