Rabu, 15 Juni 2016

Ada yang tahu tentang Tabata Workout? Kalau HIIT workout? Belum pernah dengar semua? Oke, Tabata adalah salah satu tipe HIIT workout yang diciptakan oleh Prof. Tabata dari Jepang. 

Prof. Tabata
HIIT adalah singkatan dari High-intensity interval training. HIIT merupakan latihan dengan intensitas yang tinggi berulang-ulang yang disela oleh istirahat singkat. Latihan HIIT memiliki waktu bervariasi antara 4 sampai 30 menit.

HIIT memiliki manfaat meningkatkan performance, menguatkan jantung, dan kapasitas oksigen darah. Selain itu HIIT juga memperbaiki metabolisme tubuh.

Terdapat berbagai tipe atau metode latihan HIIT salah satunya adalah Tabata. Latihan Tabata diciptakan untuk meningkatkan kemampuan tim Olimpiade speedskater Jepang.

Latihan Tabata yang awalnya terdiri dari 10 menit pemanasan dan 4 menit latihan inti, Latihan inti terdiri dari 8 ronde menggunakan sepeda statis, masing-masing selama 20 detik. Setiap ronde disela istirahat 10 detik.

Sekarang sudah dikembangkan Tabata tanpa sepeda statis yaitu menggunakan bodyweight alias berat tubuh. Gerakannya cukup bervariasi dengan intensitas yang tinggi. Jadi lakukan gerakan ini selama 20 detik sebanyak-banyaknya.

Contoh gerakan yang aku ambil dari BodyBuilding.com
1. Cockroach
2. Rotating Jump Lunge
3. Sparwl and Jump
4. Weighted Wood Chop
5. Frog Jump
6. Single Leg Burpee
7. Single-Arm Kick Through
8. Crab Lunge

Bingung? Sebenarnya ada banyak gerakan Tabata yang beredar. Salah satu videonya adalah ini. Gerakan di video memang beda dari deskripsi di atas namun manfaatnya hampir sama.





Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Posting Komentar

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.