Senin, 13 Juni 2016

Jerawat pasir? Terus terang aku baru tahu ada istilah jerawat pasir. Hahaha. Kadang orang Indonesia suka memberi istilah-istilah yang cukup aneh buat jerawat, seperti ada jerawat batu dan jerawat nasi terus sekarang ada jerawat pasir mungkin besok bakal ada jerawat kerikil. Hehehe.

Setelah riset kecil-kecil, aku menduga-masih menduga ya, jerawat pasir adalah sekumpulan komedo terbuka atau tertutup (blackhead atau whitehead) yang tersebar di area tertentu seperti jidat. Tolong betulkan kalau salah.

Seperti ini bukan yang dimaksud jerawat pasir? Kalau betul, ya ini disebut komedo saja. Komedo itu ada dua jenis yaitu komedo terbuka yang terlihat hitam-hitam dan komedo tertutup yang terlihat putih.

Jerawat Pasir
Jerawat Pasir alias Komedo
Nah kalau memang itu adalah komedo, cara paling ampuh dan cepat adalah facial. Harus dipencet keluar nda. Kalau kalian malas ke dokter, kalian bisa mencobanya di rumah. Tentu harus hati-hati melakukannya. Kalian bisa baca di artikel Mengeluarkan Komedo Menggunakan Komedo Ekstraktor

Untuk pengobatan kalian bisa mencoba menggunakan Vitacid atau Glycore. Keduanya memiliki mekanisme yang berbeda. Vitacid bekerja dengan cara menstimulasi pembentukan kolagen sehingga komedo terdorong keluar dan mengeringkannya. Sedangkan Glycore membuat ikatan antarsel longgar sehingga komedo lebih mudah dikeluarkan saat dipencet.

Untuk mencegah jerawat pasir yang utama adalah mencari pemicunya terlebih dahulu. Orang-orang yang berponi dan suka menggunakan make-up cukup tebal biasanya beresiko mengalami jerawat pasir atau komedo ini. Ini disebabkan pori-pori yang tersumbat dan akhirnya terjadilah komedo. Beberapa penyebab yang lain adalah helm yang kotor atau jarang mengganti sarung bantal.

Kunci utama pencegahan adalah menjaga kebersihan, mulai dari rajin membersihkan wajah, jangan suka memegang wajah dengan tangan kotor, rajin mengganti sarung bantal, handuk dan sebagainya. Baca : Kunci Utama Mencegah Jerawat 

Begitu nda, semoga bisa membantu kalian yang ingin mengobati jerawat pasir.

Salam ganteng.

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Posting Komentar

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.