Rabu, 13 April 2016

Pernah melihat isi meja kosmetik pacar (cewek) kalian? Pasti menemukan seabrek produk-produk perawatan kulit dan kosmetik. Setidaknya kalian akan menemukan pembersih, lotion, berbagai macam krim, serum dan sebagainya. Sedangkan kita, cowok biasanya lebih simpel dalam merawat kulit, kadang malah hanya cukup mandi saja. Bagaimanapun juga memperhatikan kondisi kulit bukan urusan cewek melulu, menjaga dan memperhatikan kesehatan kulit akan menjaga tubuh kita sehat dan mencegah penyakit kulit yang potensial seperti jerawat, infeksi jamur bahkan kanker kulit. Nah tenang saja, kalau kalian malas untuk merawat kulit dengan segala kerumitannya kalian bisa mencoba tips-tips sederhana berikut.

Langkah 1. Membersihkan Kulit
Membersihkan kulit sehari-hari. Ini adalah dasar perawatan kulit. Menjaga kebersihan kulit dari segala debu, kotoran dan minyak yang menempel di kulit. Debu dan minyak dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Cobalah memakai sabun muka yang mild tidak terlalu keras. Hindari sabun muka yang membuat kulit terlalu kering dan kulit seperti ditarik.

Langkah 2. Merawat Jerawat
Jika kulit mudah berjerawat (acne prone) gunakan krim anti jerawat yang mengandung benzoyl peroxide atau tretinoin (Baca : Vitacid dan Obat Jerawat selain Vitacid). Gunakan tipis-tipis sampai keadaan kulit membaik.

Langkah 3. Eksfoliasi Kulit Mati
Eksfoliasi kulit wajah dan tubuh secara rutin seminggu sekali. Jika kalian berpikir lulur dan scrub hanya untuk cewek, ingat jika kulit mati dapat menumpuk di permukaan kulit dan memerangkap kotoran serta minyak sehingga kulit berjerawat. Pilih chemical peeling yang mengandung asam lemah seperti AHA (Baca : FAQ Glycore) untuk eksfoliasi kulit wajah. Sedangkan untuk tubuh gunakan scrub atau lulur. Kalian juga dapat menggunakan bahan alami seberti oatmeal, sea salt, atau batu apung yang halus untuk mengangkat sel kulit mati. (Baca : Tips Scrub)

Langkah 4. Gunakan Pelembap
Gunakan pelembap atau moisturizer setiap hari. Pelembap tidak hanya membantu menghidrasi kulit tetapi sebenarnya akan mengikat kelembapan di kulit sepanjang hari. Sekarang sudah banyak dijual produk pelembap khusus cowok yang dari segi formula, aroma dan kemasan didesain khusus seperti Garnier, Nivea, Vaseline, Gillete, L’Oreal dll. (Baca : Pentingkah PelembapCowok). Gunakan pelembap yang berbeda antara wajah dan badan. Pelembap badan / body lotion biasanya mengandung minyak dan gliserin yang dapat menyebabkan kulit berjerawat. Cari moisturizer yang sesuai dengan tipe dan kebutuhan kulit kalian. Dan lebih baik lagi jika pelembap tersebut sudah mengandung perlindungan terhadap sinar matahari yang ditandai dengan SPF

Langkah 5. Lindungi Kulit dari Matahari
Jika kalian banyak melakukan aktivitas outdoor dan bekerja di alam terbuka, sebaiknya lindungi kulit dengan menggunakan sunblock atau sunscreen. Gunakan sunblock atau sunscreen dengan kekuatan minimal SPF 15, semakin tinggi semakin baik. Sunblock akan mencegah kerusakan kulit seperti penuaan dini dan bahkan mencegah kanker kulit. (Baca : Tentang Sunblock yang harus Kamu Tahu)

Langkah 6. Kunjungan Dokter Kulit
Kunjungi dokter kulit jika menemukan masalah pada kulit kalian seperti jerawat yang tak kunjung reda dan infeksi kulit. Apabila kalian menemukan perubahan pada kulit seperti tekstur yang aneh, flek-flek kehitaman, tahi lalat yang gatal dan membesar sebaiknya kalian segera memeriksakan diri ke dokter kulit. Karena kanker kulit sering disepelekan padahal penyembuhannya sangat sulit.

Sekian tips dasar perawatan kulit bagi cowok. Selamat mencoba.

Salam Ganteng Selalu

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

2 comments:

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.