Selasa, 12 April 2016

Estrogen adalah hormon yang selalu dihubungan dengan wanita tetapi kenyataannya baik pria dan wanita memproduksi estrogen. Semua manusia harus memiliki kadar hormon yang seimbang agar tetap sehat. Produksi berlebihan hormon estrogen pada pria dapat berdampak pada tubuh yang bagi kebanyakan pria pasti ingin menghindarinya. Ginekomastia adalah kondisi dimana payudara pria membesar seperti payudara wanita. (Baca : Cowok kok dadanya seperti cewek?) Hal ini disebabkan kadar hormon testosteron dan estrogen yang tidak seimbang. Ketidak seimbangan hormon sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter. Bagaimanapun juga, pengaturan pola makan merupakan salah satu cara alami untuk menyeimbangkan kadar hormon estrogen pada pria.

Ginekomastia : Pembesaran Payudara Pria
Ginekomastia : Pembesaran Payudara Pria
  1. Meningkatkan konsumsi serat. Serat akan mengikat asam yang membantu mengeluarkan estrogen dari tubuh. Menambah porsi sayuran hijau dan sereal utuh akan menurunkan kadar estrogen.
  2. Tambahkan kubis-kubisan (Cruciferae) pada makanan. Kubis-kubisan seperti daun kol, brokoli, kembang kol, dan Brussels sprout mengandung diindolylmethane (DIM). DIM membantu menghilangkan hormon yang tertimbun dalam tubuh seperti estrogen.
  3. Kurangi konsumsi alkohol. Menurut penelitian estrogen dimetabolisasi dalam hati. Alkohol dapat mempengaruhi fungsi hati sehingga meningkatkan produksi estrogen.
  4. Kurang produk susu dan olahannya. Batasi konsumsi dairy product seperti susu dan olahannya. Susu sapi dapat mengandung hormon estrogen yang disekresikan oleh sapi. Jadi ada kemungkinan Anda mengkonsumsi estrogen ketika mengkonsumsi susu dan olahannya. Anda dapat mengganti susu sapi dengan susu kacang almond.
  5. Cukup minum air. Meminum cukup air akan meningkatkan kesehatan anda dan membantu menyeimbangkan kadar hormon. Minum setidaknya 1,5-3 liter air setiap hari.
  6. Kurangi konsumsi kacang kedelai dan olahannya. Kacang kedelai mengandung fitoestrogen yaitu sejenis estrogen yang diproduksi secara alami oleh tumbuhan terutama kacang-kacangan. Mengkonsumsi produk kacang kedelai dalam literatur pengobatan Cina digunakan untuk mengurangi libido prajurit pria yang menjaga istana kaisar.


 Salam Ganteng Selalu
Adi Laksita

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Posting Komentar

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.