Selasa, 04 Agustus 2015

Merasa sakit saat pertama kali fitness atau setelah mencoba pola latihan baru? Beberapa orang mengatakan sakit otot setelah fitness itu akibat asam laktat. Hal ini memang ada benarnya namun tidak sepenuhnya benar. sakit atau nyeri akibat penumpukan asam laktat di otot akan hilang dalam waktu yang singkat. Jika sakit yang kita alami terjadi sehari setelah workout atau latihan, hal ini bukan disebabkan oleh asam laktat yang menumpuk di otot tetapi akibat kerusakan mikroskopis otot dan rasa sakitnya tertunda beberapa saat setelah latihan. Ini disebut Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS)

Apa itu DOMS?
Delayed Onset Muscle Soreness atau yang sering disingkat DOMS merupakan rasa sakit yang munculnya beberapa saat (tertunda) setelah melakukan latihan. Rasa sakit ini akan terasa ketika kita beraktivitas dan tidak akan sakit saat berisitirahat. Semua orang dapat mengalami DOMS, entah itu pemula atau bahkan atlet profesional dapat merasakan nyeri otot setelah latihan.

Apa penyebab DOMS?
DOMS disebabkan oleh kerusakan mikroskopis otot. Kerusakan ini dapat terjadi ketika pertama kali melakukan latihan atau merubah pola latihan menjadi lebih keras. Semua jenis latihan dapat menyebabkan DOMS, akan tetapi latihan yang mengakibatkan otot memanjang memendek seperti push up, jogging, dan mengangkat turunkan beban lebih sering mengakibatkan rasa sakit dan nyeri DOMS.

Apakah DOMS berbahaya?
Rasa sakit dan nyeri setelah latihan tidak berbahaya. Ini merupakan pertanda baik karena otot akan memulihkan diri serta menjadi lebih besar dan kuat. Namun tentu saja kita tetap harus waspada terutama jika rasa sakit tersebut disebabkan oleh otot yang cedera.

Berapa lama otot sakit akan berlangsung?
Nyeri otot akan terasa setelah 1-3 hari berlatih dan akan hilang setelah 3-5 hari.

Apakah kita tetap boleh latihan saat otot sakit?
Kita tetap boleh latihan ketika terjadi DOMS. Namun jika rasa sakit itu mengganggu, kalian dapat melatih otot lainnya yang sedang tidak merasa  sakit

Bagaimana mencegahnya?
Untuk mencegah rasasakit otot setelah latihan, berlatihlah secara bertahap sehingga otot beradaptasi. Ini akan meminimalisasi rasa sakit yang muncul. Lakukan pemanasan dan pendinginan untuk mengurangi resiko DOMS.

Apakah bisa diobati?
Tidak ada obat yang bisa mengobati rasa sakit otot setelah latihan 100%. Namun kita dapat mengurangi rasa sakitnya dengan melakukan pemijatan, kompres es, dan minum anti inflamasi. Selain itu mengkonsumsi vitamin E, Glutamin, Teh, dan BCAA (Branched Chain Amino Acid) dapat mengurangi rasa nyeri otot setelah latihan fitness. Latihan kardio dengan intensitas rendah seperti jalan kaki juga dapat mengurangi rasa sakit.

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

10 comments:

  1. terima kasih sekali buat penjelasanya, karena awalnya saya bingung , ada yang bilang ketika dalam keadaan Dom kita tidk boleh latihan dulu, biarkan otot merecover dulu baru boleh latihan...
    tapi di artikel di atas boleh selama masih kuat dan tidak mengganggu

    BalasHapus
  2. Gan saya mau tanya nih,saya abs fitnes trus otot sikut saya terasa sakit,itu gmn??Normal nga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai personal training ga gan? aga susah sih kau nggak tau bagaimana latihannya

      Hapus
  3. Saya lagi ngrasain ini gan
    Efek malam Minggu kemarin pertama kali saya fitnes,, dan sekarang lagi ngrasain pegal-pegal
    Makasih ilmunya

    BalasHapus
  4. yah memang butuh pengorbanan agar badan menjadi atletis resiko nya pun harus di tanggung . itulah proses, jadi enjoy it rasa sakit nya sementara gan tapi klo sdh jadi kalian gk bkal nyesel .

    BalasHapus
  5. Badan sakit semua pertama kali fitness.. Emng sih butuh pengorbanan untuk mendapatkan hasil yg memuaskan 😊

    BalasHapus
  6. Terimakasih gan. Ane 3 hari lalu latihan, dan sekarang masih ngerasain doms dikira bahaya, thanks ilmunya 👍

    BalasHapus
  7. sayaa fitnes kemaren terus paginya tangan kalo lurus sakit wkwk
    Gimana nih caranya biar ga sakit

    BalasHapus

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.