Jumat, 26 Juni 2015

Jika kalian sudah membaca artikel Tanya jawab tentang Purging, berikut ini beberapa tips mengurangi efek purging.

1.Hindari sabun wajah yang keras
Hindari penggunaan sabun yang membuat kulit tambah kering hindari yang mengandung  asam salisilat dan detergen. Gunakan sabun pembersih yang lembut. Recommendation (murah dan mudah didapat) : Acnes Foaming Wash, Phisohex, Himalaya Herbals Purifiying Neem Foaming Face Wash, Sebamed.

2. Gunakan milk clenaser
Kadang sabun yang lembut pun masih terasa keras. Gunakan milk cleanser. Yang bisa aku sarankan adalah Viva Cucumber dan Viva Green Tea. Kalian cukup beli milk cleansernya saja, hindari astringent / toner karena kandungan alkoholnya akan menambah kulit kering. Cara membersihkan wajah yang dapat kalian lakukan adalah (1) tuang sedikit milk cleanser di tengan yang bersih, (2) tambah sedikit air beberapa tetes, (3) usap ke wajah dan pijat perlahan, (4) angkat milk cleanser dengan kapas, (5) bilas dengan air hangat / suam-suam kuku, (6) bilas dengan air dingin, (7) keringkan wajah.

3. Perlakukan wajah degan lembut
Jangan menggosok wajah dengan kasar atau terlalu keras. Saat mengeringkan wajah pun lakukan dengan lembut, cukup ditotol-totol centil dengan handuk. Hehehe

4. Hindari eksfoliasi
Hindari penggunaan scrub atau bahan eksfolian yang membuat kulit terkelupas. Bahan-bahan yang dapat menyebabkan kulit mengelupas adalah asam salisilat, AHA, BHA, butir scrub. Banyak yang menyarankan mengkombinasikan tretinoin (vitacid) dengan AHA (glycore), kalian  boleh saja melakukannya tapi ingat selalu berhati-hati.

5.Gunakan pelembap yang ringan
Beberapa dokter kulit menyarankan agar tetap memakai pelembap yang ringan. Hindari penggunaan pelembap atau moisturizer yang mengandung terlalu banyak bahan aktif terutama agen pemutih kulit. Recomendation : Hadalabo Gokujyun Lotion. Kenapa aku merekomendasikan Hadalao Gokujyun Lotion? Produk ini sebenernya bukan "pelembap" tapi toner. Namun karena cukup rich, Hadalabo Lotion cukup melembapkan. Bahan aktifnya pun cukup simple terlebih mengandung Hyaluric acid yang mampu menghidrasi kulit kita. Cukup gunakan saat pagi hari sebelum memakai sunblock.

6. Gunakan krim pereda inflamasi / dermatitis
Krim-krim pereda inflamasi seperti Elocon mengandung bahan aktif yang tergolong kortikosteroid. Kortikosteroid biasanya digunakan untuk mengurangi peradangan kulit atau dermatitis seperti gata-gatal, kemerahan, kulit kering dsb. Namun seperti kita ketahui penggunaan kortikosteroid juga memiliki efek samping. Untuk itu berkonsultasilah sebelum menggunakannya.
7. Minum cukup air dan Multivitamin
Cukupi kebutuhan air dan multivitamin. Kita tahu air sangat penting bagi tubuh kita. Air menjaga kulit tetap lembap dan sehat. Multivitamin terutama yang mengandung vitamin C dan B sangat baik untuk kulit. Vitamin C membantuk pembentukan kolagen dan vitamin B menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Selain multivitamin minum kalian bisa menggunakan krim yang mengandung vitamin B3 contohnya Niacef. Vitamin B3 akan meningkatkan hidrasi kulit. Namun terkadang vitamin B3 memiliki efek samping membuat kulit kemerahan. Baca artikel Vitamin B, Vitamin C, Multivitamin khusus kulit
8. Gunakan Face Mist atau Spray
Produk face mist atau semprotan wajah cukup membantu kulit kering kalian. Gunakan saat kulit kalian terasa saat kering.

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Posting Komentar

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.