Rabu, 20 Mei 2015

Siapa tidak butuh tidur? Semua orang butuh tidur, sebuah aktivitas rutin yang kadang kita sepelekan. Jangan pernah menyepelekan tidur karena tidur merupan kunci dasar kesehatan, vitalitas, kegantengan, dan umur panjang kita. Yuk kita sedikit bahas tentang tidur.


1. Mengapa kita butuh tidur?
Tidur adalah saat dimana tubuh dan otak kita berisiirahat. Saat tidur, otak tidak benar-benar beristirahat. Kalau otak berisitirahat total bahaya bro! Hehehe. Otak akan mengurangi aktivitasnya dan melumpuhkan tubuh. Jadi ketika kita tertidur lelap indera kita menjadi non-aktif, sedangkan otak masih dalam kondisi standby, sehingga ketika mendeteksi bahaya otak dapat segera menyadarkan kita. Kita membutuhkan tidur agar sel-sel tubuh kita dapat beristirahat dan memperbaiki diri. Itu sebabnya orang sakit diharapkan cukup tidur!

2. Berapa lama kita harus tidur?
Anggapan umum menyatakan minimal kita harus tidur 8 jam sehari. Ini nggak salah bro, tapi perlu sedikit pelurusan dan penjelasan lanjut. Sebenarnya kebutuhan tidur kita tergantung oleh aktivitas tubuh dan umur. Pada saat kita masih bayi dan anak-anak, kita butuh tidur lebih dari 12 jam sehari! Saat pubertas sampai kira-kira berumur 18 tahun kita setidaknya tidur 8-10 jam sehari dan saat dewasa kita hanya butuh tidur 7-8 jam sehari. Panjang waktu tidur ini adalah durasi tidur malam saja! Jadi bukan kita tidur siang 2 jam terus malam tidur 6 jam! 8 jam tidur itu harus kontinyu saat malam. Sedangkan untuk tidur siang kita tidak wajib, bahkan disarankan tidak lebih dari 40 menit!

3. Kalau kita tidur kurang dari 8 jam bagaimana?
Sebenarnya tubuh akan menjadi terganggu jika kita kekurangan atau kelebihan tidur! Jadi bukan hanya kurang tidur saja yang tidak baik tapi kebanyakan tidur juga sama buruknya! Tidur yang tidak baik akan mengakibatkan tubuh stress, metabolisme terganggu, hormon tidak seimbang bahkan sampai kerusakan otak. Orang-orang yang kelebihan tidur punya potensi demensia alias kepikunan yang besar! Bagi anak-anak dan remaja, kekurangan tidur akan menyebabkan pertumbuhan terganggu, karena saat tidur tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan.

4. Bagaimana cara tidur yang baik?
Pastikan alas tidur kalian tidak terlalu keras atau empuk, alas tidur yang baik akan menjaga postur tubuh kita. Matikan lampu atau redupkan cahaya. Tidur dalam kondisi terang akan menghambat tubuh mengeluarkan hormon melantonin. Melantonin ini yang menyebabkan tidur kita nyenyak. Pastikan tidak ada barang yang mengganggu tidur seperti telepon genggam! Jauhkan HP kalian kalau perlu matikan! 

5. Kadang saya susah tidur bagaimana mengatasinya?
Susah tidur yang ringan belum masuk insomnia berat masih bisa di atasi dengan cara-cara sederhana seperti mematikan lampu, HP, TV, radio atau semua hal yang dapat merangsang indera kita terjaga. Coba minum segelas susu tanpa gula atau teh buah pala. Jangan minum teh atau kopi dan sebagainya yang mengandung kafein. Tapi jika kalian sudah mengalami insomnia berat sebainya kalian berkonsultasi dengan dokter.

6. Saya kurang tidur bolehkan membalas tidur lebih lama?
Kalau kalian karena suatu hal kurang tidur, jangan membalas dengan tidur lebih lama di hari berikutnya. Tetaplah tidur normal agar siklus tubuh tidak terganggu. Jika masih merasa mengantuk cobalah Caffein Power Nap alias tidur siang super!

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Posting Komentar

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.