Rabu, 01 April 2015

Kadang kita sering dengar ungkapan mau sehat malah jadi sakit. Atau pernah mengalami pengalaman seperti itu, niatan olahraga biar sehat eh kok malah jadinya sakit. Biasanya kejadian seperti ini terjadi apabila kita ceroboh atau kurang bisa menilai keadaan tubuh atau diri sendiri. Berikut ini kesalahan-kesalahan yang sering terjadi sehingga mau sehat dengan olahraga malah jadi sakit.

1. Dehidrasi
Jangan menyepelekan dehidrasi. Tubuh kekurangan air 1-2% sudah cukup membuatmu sakit. Cukupi minum sebelum, saat, dan sesudah olahraga. Apakah perlu minuman ion? Jangan terlalu banyak minum minuman ion. Minuman ion lebih baik hanya diminum saat selesai olahraga agar tidak terjadi penumpukan garam-garaman.

2. Over training
Ada yang berpendapat jika memaksakan tubuh bekerja keras semakin lebih baik. Ingat tubuh kita bukan mesin, ada titik batasan tertentu yang harus diperhatikan agar tubuh kita tidak rusak.

3. Kurang istirahat
Sebenarnya ini bisa masuk ke poin over training. Ada yang workout gila-gilaan setiap hari tanpa program yang jelas? Atau lari gila-gilaan. Ada yang bilang bagus tapi aku sendiri kurang sependapat. Beberapa ahli menyarankan kita untuk istirahat disela-sela latihan. Terlalu sering latihan juga tidak efektif, karena tubuh butuh istirahat dan memulihkan diri. Saat memulihkan diri tubuh akan memprogram sel-sel otot yang lebih kuat. Jadi kalian cukup latihan 3-5 hari seminggu.

4. Kurang nutrisi
Tidak makan sebelum olahraga? Ini salah satu hal terbodoh yang mungkin setiap orang pernah melakukannya. Kita tetap butuh energi saat berolahraga, ini juga mencegah tubuh mengalami ketosis. Ketosis terjadi saat tubuh kehabisan bahan bakar sehingga memecah protein menjadi keton. Biasanya ditandai rasa mual, pusing, dan bau mulut. Jadi jangan lupa 30 menit sampai 1 jam sebelum olahraga, makan ringan atau karbohidrat kompleks yang lama dicerna sehingga tubuh tetap berenergi saat berolahraga. Setelah olahraga pun kalian harus mencukupi nutrisi kalian, tentu saja yang sehat ya.

5. Memaksa olahraga saat sakit
Ada yang bilang, jogging ringan dapat menyembuhkan flu. Coba saja, syukur-syukur kalian tidak pingsan di jalan. Kita harus bisa menilai keadaan diri sendiri, ketika kita sakit itu tandanya tubuh butuh istirahat.

Semoga membantu ya bro!

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Posting Komentar

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.