Saturday, March 14, 2015

Postingan kali ini sebenarnya berkaitan satu sama lain antara Vitacid, Glycore, Melanox dan Parasol. Setidaknya di artikel tentang Tanya jawab Vitacid pasti ditanyakan apa Vitacid bisa menghilangkan bekas hitam atau bopeng jerawat. Nah maka dari itu aku buatkan artikel yang saling berkaitan, seperti Melanox ini yang aku buat untuk menjawab bagaimana cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Melanox Cream
Melanox Cream

1. Apa itu Melanox Cream?
Melanox adalah obat dalam bentuk krim yang digunakan untuk mengobati hiperpigmentasi dan memudarkan noda-noda hitam bekas jerawat di kulit (melasma).
2. Apa kandungan Melanox?
Melanox mengandung bahan aktif hydroquinone yang berfungsi menghilangkan pigmen hitam di kulit. Cara kerjanya adalah dengan membunuh melanosit atau sel kulit penghasil pigmen.
3. Apa Melanox bisa menghilangkan noda kemerahan tidak?
Melanox tidak bisa menghilangkan noda atau bekas kemerahan, nanti malah lebih merah.
4. Wah serem banget, bukanya hidroquinone dilarang?
Nah jika dilarang kenapa masih dijual secara resmi? Hehehe. Karena memang banyak kontroversi tentang hydroquinone, sebenarnya ini karena penyalahgunaan dan kurangnya info yang memadai. Dan memang diberbagai negara terutama eropa sudah melarangnya, bagaimana dengan Amerika dan Indonesia? Belum dilarang hanya dibatasi pemakaiannya.
5. Aman nggak pakai Melanox?
Seperti obat lainnya, Melanox relatif aman jika digunakan secara benar dan hati-hati. Dan lebih baik jika diawasi oleh dokter karena Melanox ini termasuk obat keras seperti Vitacid.
6. Berarti harus dengan resep dokternya?
Sebenarnya harus memakai resep dokter seperti Vitacid. Tapi kita masih bisa membeli Melanox dengan kadar rendah untuk pemakaian yang terbatas. Ingat hanya pemakaian yang terbatas.
7. Berapa kadar hydroquinone yang ada dalam Melanox?
Melanox tersedia dalam kadar 2% dan 4%. Kadar yang lebih mudah dibeli adalah 2%. Memang sebaiknya untuk pemakaian pribadi tanpa pengawasan doker kita sebaiknya memakai kadar yang paling rendah. Lagipula pasti apoteker yang jual akan mencermahi kalian lebih dahulu. Hihihi.
8. Terus cara pakainya bagaimana?
Pastikan kulit kalian bersih dan oles tipis-tipis di spot noda hitamnya saja! Jangan seluruh wajah dan hanya gunakan pada malam hari saja! Jangan lupa pakai sunblock. Apapun alasannya, tetap pakai sunblock dengan baik. Karena seperti Vitacid, Melanox juga akan membuat kulit sensitif. (Baca : Tentang Sunblock yang harus kalian tahu!)
9. Berapa lama Melanox kelihatan hasilnya?
Hasilnya bersifat individual. Dianjurkan memakai Melanox sampai noda berkurang kira-kira 80%. Karena menghilangkan noda 100% tidak akan efektif. Hasil akan mulai terlihat dalam waktu 2-4 minggu. Secara pribadi aku nggak menyarankan memakai Melanox lebih dari 3 bulan.
Review Hydroquinone 2%
Sumber : crmclaser.com

10. Ada pantangannya nggak?
Menggunakan Melanox sebaiknya saat kalian tidak memakai krim-krim lain. Apalagi sifat Melanox yang mengiritasi. Tapi menurut dr. Susie, Sp.KK yang mengelola blog A to Z Seputar Kulit, kalian bisa memadukan Melanox dengan krim lain dengan catatan kalian harus segera menghentikan jika terjadi iritasi. Coba deh kalian baca-baca blog dr. Susie, menarik kok. Pantangan lainnya adalah hindari sumber sinar UV. Jadi sekali lagi aku sarankan untuk pakai sunblock dab reapply tiap 2-3 jam! Minum banyak air juga, karena hydroquinone akan terserap tubuh yang kemudian memecahnya menjadi sulfat dan dibuang lewat urin.
11. Apa efek samping Melanox?
Melanox dapat mengiritasi kulit dan dermatitis, hentikan pemakaian kalau terasa perih dan gatal. Pada dasarnya penggunaan hydroquinone sembarangan dan jangka panjang sangat tidak disarankan! Makanya pemerintah mengingatkan bahaya hydroquinone karena beredar krim-krim yang kadar hydroquinone-nya tidak jelas dan tanpa instruksi pemakaian.
12. Katanya hydroquinone dapat menyebabkan ochronosis dan kanker kulit?
Ochronosis akibat pemakaian hydroquinone 2% jarang terjadi. Bukan berarti tidak mungkin terjadi ya. Tapi biasanya resiko ochronosis meningkat pada pemakaian hydroquinone kadar tinggi lebih dari 10%, dalam jangka lama dan pemakaian pada area yang luas. Untuk ras Asia, resiko ini juga cukup rendah berbeda dengan ras Afrika, karena memang ochronisis lebih sering terjadi pada orang dengan kulit gelap. Maka dari itu, memakai Melanox hanya jangka pendek dan pada spot noda saja! Untuk resiko kanker kulit, sama dengan pemakaian Vitacid / tretinoin tentu ada, apalagi kalau pakainya sembarangan dalam waktu lama.
Ochronosis akibat pemakaian hydroquinone jangka panjang dan kadar tinggi
Sumber : www.feb-mart.com

13. Bisa balik hitam lagi nggak kalau sudah pudar nodanya?
Semua noda hitam di kulit mungkin akan kembali hitam jika tidak kalian rawat. Jadi tetap rutin memakai sunblock dan krim pencerah yang aman setelah pengobatan selesai.
14. Dimana bisa beli Melanox dan berapa harganya? Oh iya selain Melanox ada merek sejenis nggak?
Karena obat tentu saja membeli di apotek dengan harga mulai sekitar Rp 25.000,00 dan merek lain yang sama-sama mengandung hidroquinone adalah Vitaquin.
15. Ada nggak cara lain buat menghilangkan noda bekas jerawat selain pakai Melanox? Takut nih.
Coba saja krim-krim pencerah yang dijual bebas bro, tapi pastikan dulu krim itu aman. Atau kalian bisa pakai produk yang mengandung arbutin. Arbutin ini sering disebut hydroquinone alami. Oh iya coba saja produk yang mengandung AHA seperti Glycore juga bisa. (Baca : Tanya Jawab Tentang Glycore)
16. Bro kamu jual Melanox? Apa kamu apoteker?
Aku nggak jual Melanox dan bukan apoteker, semua info ini aku dapat dari berbagai sumber baik online dan offline.

Bagaimana sudah jelas tentang Melanox belum bro? Jika ada yang masih ditanyakan silahkan tanya di kolom komentar dan tentu saja akan aku jawab semampuku. Jika kalian ragu dan ingin memakai Melanox Cream sebaiknya kalian berkonsultasi dengan dokter kulit ya!

Update : Sejak Desember 2016 aku pakai RDL Babyface No. 3 yang mengandung hidroquinon dan tretionin. Untuk review RDL Babyface No. 3 Tahap 1 bisa klik di sini.

Salam Ganteng!

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

91 comments:

  1. Ini tidak apa apa untuk kulit sensitive?
    Untuk tau kita kulit sensitive gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah karena tiap sensitivitas orang beda harus di tes dulu.

      dicoba dibelakang telinga tunggu 24 jam. kalo kemerahan berarti nggak cocok.

      tp saat dites oke tp di jalan tiba2 perih terbakar panas lgsg stop. intinya ikuti petunjuk penggunaannya. (o)

      Delete
  2. Makasih infonya :-) selain Melanox apalagi ya untuk menghilangkan bekas jerawat yang kadarnya lebih rendah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai yang dijual umum aja macam garnier, ponds, vaseline dll (o)

      Delete
  3. Kak, aku pakai vitacid 0,025(malam)
    Kalau paginya pakai vitaquin HQ5% gimana tuh? kalau pake vitaquin harus pake sunblock jg tidak?
    Aku takut ada efeknya kalo pakai vitacid(malam)+vitaquin(pagi) :(

    Apa lebih baik parasol+niacef(pagi)+
    vitacid(malam) aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dapat dari dokter bukan?
      pake vitaquin harus pake sunblock.

      mending klo mau pake vitaquin pas jerawatnya udah sembuh

      opsi yang niacef sama vitacid itu bisa dicoba, lebih aman (o) tp tetep jgn lupa pake sunblock

      Delete
  4. warna krim melanox apa yah? soalnya aku sempat beli 2 bulan yang lalu tapi nggk sempat pake. pas aku buka kemarin, kok warnanya coklat yah. emang benar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. putih keperakan, wah itu udah ga bisa dipakai. biasanya jd coklat klo udah kepapar udara atau bahan kimia lain. ini dulu udah sempet dibuka?

      Delete
    2. Aku udah pake melanox yg kadar 2%, tp kok setelah pemakaian 3 hari.. Bekas jerawat aku agak kemerahan. Mmg efeknya kayak gitu atau aku nggk cocok make melanox? Thanks before jawabannya

      Delete
    3. Aku udah pakai melanox di noda hitamku. Tapi setelah 1 hari dipakai. Noda hitamku jadi kemerahan gitu. Kenapa ya ?

      Delete
  5. Mas aku udah pake vitacid selama 2 bulan dan hasilnya sekarang mulai membaik dan banyak sekali bekas dari jerawatnya. aku mau naikin vitacid jadi dosis 0,5 dan pake melanox juga. bagaimana ya cara pakai yg baik? kalau pake melanox pagi apakah bisa? parasol dulu apa melanox dulu?

    ReplyDelete
  6. gan, kalo kulit wajah ane item/gelap di bagian jidat doang. apa itu termasuk hiperpigmentasi? baiknya pake vitacid apa melanox?
    trims gan sblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling gosong biasa, nggak usah pake 2-2nya
      suka keluar bro? pake sunblock di pagi trs klo malem coba pake krim malem yg mengandung whitening, macem ponds apa garnier
      jangan lupa kalo keluar pake topi (o)

      Delete
  7. Kalau krim untuk bekas jerawat kemerahan menggunakan apa ya?

    ReplyDelete
  8. Kalo feel Hiram take rata.? Apa msh bisa...

    ReplyDelete
  9. ka saya make melanox flek hitam saya ko menjadi merah sih??apa saya harus memakai glycore??apakah glycore dapat mengatasi flek merah yg ada di muka saya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya fleknya memudar tuh. emang ada yang jadinya kemerahan.

      Delete
  10. lebih baik pake vitacid dulu ato melanox dulu ya mas?

    ReplyDelete
  11. Kalau untuk memudarkan bekas luka bisa menggunakan melanok tdak... ?

    ReplyDelete
  12. Klontuk menghilangkan bekas jerawat dan flek pake vitacid atw vitaquin ?

    ReplyDelete
  13. saya cocok memakai melanox, dulu di area muka saya ada bekas luka yang lumayan besar, saya rutin menggunakan melanox bahkan pas sekolah di siang hari, nggak nyampe seminggu alhamdulillah nodanya hilang dan sampai sekarang muka saya mulus, bekas lukanya nggak muncul lagi,,,

    ReplyDelete
  14. saya cocok sekali memakai melanox, sampai sekarang bekas luka udah gak ada lagi

    ReplyDelete
  15. vitacid aman gak sih, temenku makek langsung ada purgin, aku ngerinya gak cocok aja di wajahku

    ReplyDelete
  16. saya baru mencoba melanox nih ingin menghilangkan noda jerawat yg ga karuan , semoga berhasil

    ReplyDelete
  17. Flek sama bekas luka pakai melanox? sunblock merk apa gan??

    ReplyDelete
  18. Sob saya mau nanya, kalau untuk menghilangkan bekas jerawat yang kehitaman lebih di anjurkan pakai melanox atau niacef? Pakai sunblock dulu atau produk nya dulu? Makasih sebelumnya sob.

    ReplyDelete
  19. Sob saya mau nanya, kalau untuk menghilangkan bekas jerawat yang kehitaman lebih di anjurkan pakai melanox atau niacef? Pakai sunblock dulu atau produk nya dulu? Makasih sebelumnya sob.

    ReplyDelete
  20. Melanox kan utk menghilangkan noda hitam. Apa bisa untk jerawat??

    ReplyDelete
  21. Saya memakai melanox dengan menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat kok mala jerawatku tambah banyak ya makasih

    ReplyDelete
  22. kalo pake melanox itu harus nunggu jerawatnya sembuh? kalo pas ada jerawat dan bopeng boleh pake gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa harus sembuh dulu, hanya bekas luka yang kehitaman aja

      Delete
  23. Kalo untuk ngilangin bekas jerawat punggu pakai melanox aman kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama bekas lukanya kehitaman bisa kok.

      Delete
  24. Permisi saya mau tanya , saya punya pertanyaan seputar bekas jerawat saya, sebaiknya menggunakan melanox apa vitacid

    ReplyDelete
  25. bisa diipakai buat menghilangkan bekas cacar di wajah gak??

    ReplyDelete
  26. Kalo pake.melanox terus masih perawatan cream dr dokter bisa gak itu ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik jangan deh, soalnyta cream dokter pemakaiannya ga boleh di campur campur :)

      Delete
  27. Kalo pake.melanox terus masih perawatan cream dr dokter bisa gak itu ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. konsul sama dokternya ya karena nggak tau kandungannya apa

      Delete
  28. Kak, aku skrg lgi pke vitacid 0,5%, alhamdulillah jerawatnya udh mulai kering, klo aku lanjutin pake melanox gimana kak, kira2 masih aman gk. mohon sarannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar jerawatnya sembuh total dulu ya. klo udah berhenti pakai vitacid baru pakai melanox

      Delete
  29. Kalo kulit berjerawat make melanox bisa ga hilang ?

    ReplyDelete
  30. Apa beda vitacid n vitaquin?
    Aku tetiba ngeflek setelah tinggal di bali 3 bulan, krn emang jadi sering ke pantai. Bagusnya pake vitacid, vitaquin ato melanox?

    ReplyDelete
  31. kak, aku kan pake krim garnier nih terus muncul flek hitam gitu, kira2 mau pake melanox, krim garnier nya harus aku pake ga? buat pelembab gitu soalnya udh biasa pake juga si hehe
    bingung juga aku harus pake melanox parasol garnier(pelembab) itu ngaruh ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brati gak cocok tuh sama garnier nya, sebaiknya pakai melanox aja ga usah di campur lagi sama apa apa hehe.

      Delete
  32. pake melanox ko mukanya jadi banyak bintik-bintik kecil dan jerawat ya?

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. kak mau tanya muka aku awalnya udah lumayan bersih pake melanox eh tiba2 hitam lo apa karna itu aku lalai dengan sunblock ya? terus apa aku tetep pake apa dihentiin aja?

    ReplyDelete
  35. Menurut anda mana yang lebih cepat dalam mengatasi bekas jerawat melanox atau vitaquin

    ReplyDelete
  36. Kalau mau aman gak ada efek samping pake dermatix aja tetapi harganya mahal ratusan ribu tapi benar ga ada efek samping sama sekali

    ReplyDelete
  37. Muka ku jadi ada bintik bintik kecil gitu pas pake melanox, itu knp? Apa aku harus berenti pemakaiannya ?

    ReplyDelete
  38. Kak mau tanya, saya waktu itu ada baca katanya bahwa melanox bisa menghilangkan bekas hitam tapi kalo dihentikan pemakaian bisa kembali lagi. memangnya itu bener yah ? Soalnya saya rencana pengen beli kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa balik kalau nggak dilindungi pakai sunblock. jadi harus rajin-rajin pakai sunblock ya

      Delete
  39. Bro kalo buat jerawat bisa nggak ?? Mohon di balas ya

    ReplyDelete
  40. Ka aku pake melanok ko jadi merah sih? Trus kalo udah merah gitu aku ttp ngelanjutin pake melanok nya apa jangan?

    ReplyDelete
  41. Bekas jerawat saya jd kemerahan apakah itu proses akan memudar setelah pakai melanox???

    ReplyDelete
  42. Gan kalo bersihin wajahnya pake clean and clear yg abu abu tuh, terus baru pake cream melanox. Boleh gak? Mohob dibalas ya

    ReplyDelete
  43. Ka aku pake vitaquin untuk ilangin bekas jerawat diflek2 nya aja. Tp kok malah jadi merah trus gosong gitu ya ka.aku harus gimnq ka

    ReplyDelete
  44. Gan...mau tanya kalau pakai melanok pencuci mukanya ponds boleh ga?trus cream siangnya ponds jga masih boleh di pakai ga?mohon balasannya ea gan,trims

    ReplyDelete
  45. Kak kalo melanox yang 2% sama yang spf 30 itu beda apa nggak?

    ReplyDelete
  46. kak aku bru mau nyoba nih make vitacid, trs bru mau nyoba jg pake melanox karna di muka ku ada jerawat kecil" sama bruntusan gitu sama ada noda hitam. vitacid sm melanox itu bisa dipakai bersamaan atau gimana ya?

    ReplyDelete
  47. Wah... aku biasanya sih untuk menghilangkan jerawat cuci muka rutin sehari 3 kali.

    ReplyDelete
  48. kak awalnya aku pakek melanox terus 1 hari kemudian kok bekas jerawat aku jadi merah gitu ya

    ReplyDelete
  49. Maaf Kak mau tanya.
    Kalau bekas knolpot gitu, bisa gk pake melanox ? Lukanya udah lama, udah pudar juga sih tapi masih ada bekasnya hehehe.
    Karena lukanya di kaki, dan cenderung sering tertup, apa perlu pake sunblock juga?
    Atau ada saran lain?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  50. Ka mau tanya sihh aq pake melanox sudah sekitr seminggu tp kok noda hitam di wajah ku malahan nambah hitam apa itu proses dlu atau gmn ya

    ReplyDelete
  51. Ka mau tanya sihh aq pake melanox sudah sekitr seminggu tp kok noda hitam di wajah ku malahan nambah hitam apa itu proses dlu atau gmn ya

    ReplyDelete
  52. Gan, melanox bisa ditumpuk dengan sunblock? Apa ga kecampur tuh trus bereaksi? Soalnya sy sering keluar

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakainya melanox sore saja atau sebelum tidur aja, pagi baru pake sunblock

      Delete
  53. bro cara kinerja melanox gimana rasanya dikulit wajah setelah pemakaian hari ke hari ???
    thanks bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. pudar bekasnya, tapi nggak sampai benar-benar ilang

      Delete
  54. Kemaren tu jerawat aku byk banget kan, jadi aku pake melanox di Kasih saran sama abg ipar aku.
    Terus jerawat ku udah berkurang dan tinggal 1 atau 2 lagi itupun kecil, dan gk jerawat Batu lagi.
    Kira2 boleh gk melanox tetap di pakai walau jerawat sudah hilang?

    ReplyDelete
  55. Aku flek hitam lebat banget pk melanox 2% kok blom ada perubahan yaa apa perlu ganti dgn yg 4%..? Apakah ada saran lain yg dpt menghilangkan flek hitam ini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emg nggak bisa mending konsul dokter aja non (o)

      Delete
  56. Kak. Kalo mau ngobatin jerawatnya sendiri pake apa ya. Bukan cuma bekasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. vitacid, coba ublek-ublek aja di blog. isinya macem2

      Delete
  57. Memakai melanox 4% untuk muka aman ga?

    ReplyDelete

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.