Jumat, 03 Oktober 2014

Di jaman modern ini perawatn tubuh untuk laki-laki adalah sesuatu yang wajar. Merawat tubuh juga diperlukan untuk laki-laki. Terlebih tuntutan di dunia kerja yang mulai menuntut agar penampilan kita lebih baik. Merawat tubuh tidak identik dengan menggunakan make-up atau kosmetik tapi menjaga kebersihan dan kerapian diri.

Merawat Wajah
Cuci wajah kalian minimal 2 kali sehari di pagi dan malam. Selain itu jangan lupa cuci wajah setelah berkeringat. Gunakan sabun wajah yang formulanya sesuai dengan jenik kulit kalian. Pertama percikkan air hangat ke wajah sebanyak 30 kali, teknik ini diresepkan oleh dokter kulit Hungaria terkenal Erno Laszlo, untuk merangsang pengelupasan kulit, sirkulasi dan produksi kolagen. Setelah itu usapkan sabun secukupnya dan gosok perlahan dengan gerakan melingkar. Bilas kembali dengan air hangat. Terakhir usapkan toner non-alkohol untuk mengecilkan pori-pori dan keseimbangan pH kulit. Setiap pagi gunakan pelembab dengan tabir surya. Menggunakan krim mata di pertangahan usia 20-an dapat memperlambat pembentukan kerutan di sudut mata. Ulangi langkah ini di malam hari, dengan mengganti pelembab dengan krim malam atau serum. Sekali seminggu, gunakanlah scrub wajah lembut atau masker atau melakukan peeling. Bahkan jika perlu, lakukanlah facial profesional secara teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih baik..

Mandi dengan Efektif
Membersihkan tubuh secara rutin sangat penting. Meskipun mandi dengan shower atau gayung lebih cepat, kadang-kadang berendam dapat membersihkan dengan lebih baik. Mandi dengan air suam-suam kuku atau sedikit hangat lebih baik dibandingan dengan mandi dengan air terlalu panas atau dingin. Mandi dengan air terlalu panas atau dingin dapat mengiritasi kulit. Mandi terlalu sering dan menggunakan sabun yang cukup keras juga tidak terlalu baik karena dapat menghilangkan kelembapan alami kulit, Mandilah 2 kali sehari saja atau setelah berkeringat. Jangan lupa luluran seminggu sekali untuk mempercepat pergantian sel kulit mati. Gunakan lulur dengan kandungan bahan yang aman bagi kulit. Menggunakan lotion dan krim setelah mandi dapat membantu mengunci kembali kelembaban kulit.

Jaga Jenggot dan Kumis selalu Rapi
Memiliki jenggot atau tidak adalah pilihan. Tapi dengan memiliki jenggot atau kumis jangan lupa untuk meraikannya. Bercukur tidak hanya memangkas jenggot serta kumis, namun juga dapat membantu membuat kulit halus dan lembut. Mencukur dalam keadaan basah lebih baik daripada dalam keadaan kering karena akan mengurangi resiko iritasi. Pertama, cuci daerah yang akan dicukur untuk menghilangkan kotoran dan melembutkan rambut agar lebih mudah dipotong. Kompres bagian yang ajan dicukur dengan handuk panas. Jika kulit kalian berjenis kulit kering, oleskannya minyak cukur terlebih dahulu. Kemudian oleskan krim cukur secara cepat. Cukur jenggot dengan arah serah pertumbuhannya atau dari atas ke bawah. Terakhir, bilas kulit dengan air hangat terlebih dahulu kemudian bilas kembali dengan air dingin. Setelah itu gunakan produk aftershave dan pelembab wajah. Ganti secara teratur pisau cukur yang tumpul. 

Perhatikan Rambut dan Kuku
Seperti kulit, rambut memproduksi minyak alami yang membantu kesehatan kulit kulit. Hindari keramas setiap hari. Terlalu seing keramas dapat merusak rambut dan kulit kepala. Gunakan produk-produk yang diformulasikan sesuai dengan jenis rambut. Gunakan sampo dan produk lainnya secukupnya saja. Masker rambut dapat memberikan melembakan rambut lebih baik. Jaga rambut tetap rapi karena akan membuat kalian terlihat profesional. Rapikan juga rambut hidung dan telinga, rambut hidung dan telinga yang tidak teratur dapat mengganggu penampilan. Rawat kuku kalian, tidak perlu melakukan pedikur man menikur di salon. Cukup cuci tangan dan kaki saat kotor dan potong kuku yang terlalu panjang.

Kesehatan Mulut
Gosok gigi kalian setiap pagi dan malam sebelum tidur. Selain menggosok gigi gunakanlah benag gigi atau flossing untuk membersihkan sela-sela gigi. Gunakan sikat lidah untuk menghilangkan bakteri yang hidup dan berkembang biak di atasnya. Berkumur dengan obat kumur dapat membantu mengurangi terjadinya plak dan menyegarkan bau mulut. Pergi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk mencegah kerusakan gigi dan membersihkan plak serta noda gigi.

Perhatikan Bau Badan
Keringat adalah salah satu mekanisme tubuh mendinginkan tubuh dan membuang racun dalam tubuh. Namun berkeringat dapat mengganggu jika membasahi kemeja dan membuat ketiak menjadi bau. Jika kalian berkeringat terlalu banyak patut dipertimbangkan untuk menggunakan deodoran dan antiperspirant untuk mencegah keringat berlebih. Deodoran dapat menutupi bau tetapi tidak dapat mengendalikan pengeluran keringat. Gunakan deodoran-antiperspirant yang mencegah keringat berlebih sekaligus mengurangi bau. Gunakan T-shirt (kaus dalam) agar terhidar kemeja basah karena keringat. Gunakan minyak wangi seperlunya, minyak wangi yang berlebihan dapat mengganggu orang lain. Dan ingat minyak wangi bukanlah pengganti mandi. Hehehe

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Posting Komentar

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.