Kamis, 14 Agustus 2014

Banyak orang yang bertanya-tanya tentang Vitacid, baik di blog lama (sudah ada artikel mirip ini juga) atau Official Line Account TidakGanteng. Baik itu sisi positif atau benefit sampai  negatif / risk dari obat mujarab ini. Bukannya saya bosan menjawab, tapi terkadang pertanyaannya hanya itu-itu saja hehehe. Jadi semoga artikel ini sedikit membantu. Oke langsung saja ini dia Vitacid si Obat Mujarab! Hehe...

Vitacid Lotion dan Cream
Vitacid Lotion dan Cream
1. Vitacid itu apa?
Vitacid adalah merek "obat keras" yang kandungan utamanya tretinoin atau asam retinoat. Tretinoin adalah derivat/bentuk lain dari vitamin A. Zat ini sering disebut sebagai Holy Grail Skincare
2. Obat apa sih?
Vitacid adalah obat jerawat.
3. Selain Vitacid ada nggak merek lain yang kandungannya tretinoin?
Ada banyak. Nuface, Retin-A, dan Mediklin TR. Khusus Mediklin TR, selain mengandung tretinoin juga mengandung antibiotik clindamycin. Vitacid harganya paling ekonomis. Hehe. Selain itu ada juga obat oral (minum) yang mengandung iso-tretinoin yaitu accutane atau roaccutane (Baca : Efek samping accutane atau ro-accutane)
4. Dalam bentuk apa saja vitacid di jual?
Ada 3 jenis sediaan Vitacid, yaitu gel, lotion, dan krim. Vitacid gel mengandung sedikit alkohol dan kadar tretinoinnya sebesar 0,025%. Vitacid lotion berbentuk sedikit encer dengan kadar tretinoin 0,05%. Dan Vitacid krim memiliki varian paling banyak yaitu dengan kandungan 0,025%; 0,05%; serta 0,1%.
5. Bagaimana cara kerjanya?
Tretinoid merangsang pembentukan kolagen sehingga jerawat terdorong keluar. Itu sebabnya saat menggunakan vitacid, jerawat menjadi matang dan keluar. Selain itu tretinoin merangsang regenasi sel dan eksfoliasi atau pengelupasan kulit ari. Ini menyebabkan kulit menjadi lebih halus dan lembut. Efek ini yang dimanfaatkan sebagai anti-aging.
Sebelum dan sesudah menggunakan tretinoin.
Sebelum dan sesudah menggunakan tretinoin. Sumber : realself.com
6. Jadi Vitacid juga bisa digunakan sebagai anti-aging?
Ya. Seperti disebutkan pada no. 4. Tretinoin pada Vitacid akan merangsang pembentukan kolagen, meregenari kulit dan eksfoliasi sehingga kulit akan selalu kelihatan muda dan kerutan dapat dihindari.
7. Apakah Vitacid aman?
Ya. Asalkan penggunaan Vitacid atau tretinoin sesuai petunjuk.
8. Bagaiamana cara pemakaian Vitacid yang disarankan?
Vitacid hanya boleh digunakan sebelum tidur pada malam hari. Cuci muka dengan sabun yang lembut; atau gunakan milk cleanser dan kemudian bilas wajah dengan air hangat. Keringkan wajah dengan handuk dan diamkan selama 5-10 menit agar air benar-benar kering. Setelah benar-benar kering baru oleskan Vitacid pada wajah. Hindari mengoleskan Vitacid di lingkar mata dan mulut karena akan membuat mulut serta mata menjadi kering. Selama pengobatan wajib menggunakan sunblock minimal SPF 30. (Baca : Tentang Sunblock yang harus kalian Tahu!)
9. Mengapa harus malam hari dan menggunakan sunblock?
Vitacid akan meningkatkan fotosensitifitas kulit. Gampangnya kulit lebih sensitif terhadap sinar sehingga mudah terbakar. Selain mudah terbakar juga meningkatkan resiko kanker kulit.
10. Apak efek samping Vitacid?
Karena tretinoin termasuk obat keras maka tentu ada efek sampingnya. Mulai dari iritasi ringan seperti kulit kering dan mengelupas sampai yang cukup berat. Pada masa awal pemakaian akan mengalami purging yaitu jerawat akan menjadi keluar semua dan parah. Ingat cara kerja Vitacid. Purging paling ringan adalah kulit kering dan kusam. Tidak semua orang akan mengalami purging. Seperti Admin, purging yang dialami hanya kulit mengelupas sedikit saja. Jika terjadi iritasi berat, menjadi kemerahan dan rasa perih di kulit. Hentikan segera!
11. Saya harus membeli Vitacid yang mana?
Tergantung jenis kulit kalian. Pengalaman pribadi Admin, Vitacid lotion 0,05% paling efektif. Tidak semua jenis kulit dapat menerima tretinoin kadar tinggi. Jadi disarankan menggunakan Vitacid 0,025% selama 1 bulan awal. Jika mengalami  purging, lanjutkan saja. Jika tidak memberi perubahan berarti (tidak purging), naikkan kadar jadi 0,05%. Jika selama 3 bulan menggunakan 0,05% tidak ada perubahan juga, naikkan lagi sampai kadar yang tertinggi yaitu 0,1%. Jika mengalami iritasi ketika menaikkan kadar, balik lagi ke kadar semula. Hehe
12. Berapa lama pengobatan berlangsung?
Kulit akan mulai bersih pada bulan ke-3 sampai ke-12. Jadi harap bersabar, tidak ada yang instan. Bahkan ada yang sampai 2-3 tahun. Kalau kurang sabar, bisa konsultasi ke dokter spesialis kulit, karena pasti akan diberi tindakan yang lebih expert dan bermacam-macam sehingga progressnya lebih cepat. Aku sendiri baru bersih sekitar 4-6 bulan.
13. Ketika sudah sembuh apakah harus berhenti?
Sebaiknya maintenance wajah yang sudah sembuh dengan menggunakan Vitacid kadar 0,025% seminggu 2 kali.
14. Adakah pantangan selama menggunakan Vitacid?
Pantangannya gampang. Hindari sinar matahari langsung, walaupun sudah menggunakan sunblock. Jangan menggunakan produk whitening atau pencerah. Periksa sabun wajah kalian, jangan menggunakan sabun dengan kandungan asam salisilat. Bisa hancur wajahnya. Hiiii.....
15. Bagaimana memafaatkan Vitacid sebagai anti-aging?
Sebagai anti-aging gunakan Vitacid 0,05% seminggu 2x saja.
16. Bisakah Vitacid memutihkan kulit?
Beberapa artikel menyebutkan tretinoin dapat memutihkan kulit. Namun efektivitasnya masih dipertanyakan, kalian bisa pakai alternatif bahan pencerah kulit lain. (Baca Vitamin B3, Vitamin C dan Glutathion.) Untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat kalian bisa pakai Glycore atau Melanox, artikelnya bisa kalian cari di daftar isi. ;D
16. Amankah menggunakan Vitacid dalam waktu lama?
Ya, aman. Ketika digunakan untuk anti-aging, kalian harus mengistirahatkan wajah tanpa Vitacid selama 1 bualan tiap semester. Contohnya : sepanjang tahun, selama bulan Mei dan Desember jangan gunakan Vitacid. Hal ini dilakukan agar kulit tidak resisten.
17. Bagaiman jika kulit saya tidak tahan dengan Vitacid dengan kadar rendah sekalipun?
Gunakan derivat lain dari tretinoin yaitu retinol. Retinol ini kekuatannya sangat lemah dan  sebenarnya didesain untuk anti-aging. Contoh produk : Ponds Age Miracle, Olay Regenerist, dan Hada Labo Alpha Retinol.
18. Siapakah yang tidak boleh menggunakan Vitacid?
Anak-anak dan ibu hamil. Selain itu pada orang yang mengalami luka terbuka, luka terbakar atau melakukan facial peeling.
19. Oh iya, tadi di awal disebutkan Vitacid obat keras, apakah membelinya harus menggunakan resep dokter?
Seharusnya iya. Tapi Vitacid termasuk obat wajib apotik. Obat keras jenis ini bisa dibeli dengan bebas! Hehehe. Aneh ya?
20. Admin kerja di pabrik Vitacid ya? Kok sepertinya promo begitu?
Nggak bro. Admin nggak dibayar sama sekali kok. Kalau pihak Vitacid mau bayar Admin sih bakal seneng banget. Hehehe.
21. Ada nggak obat jerawat lain?
Tenang saja, ada banyak kok. Coba masuk artikel Obat Jerawat Alternatif Selain Vitacid 
22. Bisa nggak Vitacid dikombinasikan sama obat lain?
Sebaiknya jangan dikombinasikan dengan obat lain, bahkan menggunakan kosmetikpun sebainya dihindari. Tapi ada beberapa dokter yang mengkombinasikan Vitacid dengan produk lain seperti Niacef dan Glycore. Tentu ini dengan pengawasan dokter ya! (Baca : Tanya Jawab Tentang Glycore

Sekian dulu. Semuanya di dapat dari berbagai macam sumber.

Oh iya maaf ya kalau komentarnya tidak aku balas, kolom komentar di bawah agak error kalian bisa tanya atau komentar di Line Official Account : http://line.me/ti/p/%40zxw7631a 

Baca juga Kunci Utama Wajah Bebas Jerawat



Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

353 comments:

  1. saya ingin bertanya,.
    saya mengalami tumbuh jerawat, tapi tidak banyak hanya tumbuh 1 kadang 2 aja,.
    lalu bagaimana cara penggunaan vitacid sendiri, karena kalo saya baca di atas kayak vitacid dipake di seluruh wajah. saya cuma ingin menghilangkan jerawat 1 dan 2 aja serta bekas nya.
    oia, saya juga pernah perawatan pencerah wajah.. ada krim siang dan malam.. krim malam untuk mencerahkan, dan siang untuk sebagai sunblock. lalu apakah bisa dipake barengan dengan krim malam karna vitacid dipake waktu malam hari saja.
    terima kasih, mohon dibalas segera ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh aja pake vitacid ditotol dibagian jerawatnya.
      jangan pake krim pencerah dulu klau pakai vitacid, apalagi kalau bahannya sama-sama abrasif dan asam. (o)

      Hapus
  2. emangnya kalo memakai krim vitacid dimalam hari harus memakai krim sunblock juga yah ?? kira-kira bahaya ga kalo seumuran saya make krim ini ?? soalnya umur saya baru 16 tahun..
    -Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. 16 tahun ya? wah jerawat hormonal mungkin, kalau pake vitacid tunggu 18 tahun aja waktu hormonnya udah stabil. coba pake niacef atau bencolac. cheer

      Hapus
  3. Sunblock yg bagus it apa ya??? Untuk wajah berjerawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bagus ya? yang bisa aku saranin 1. parasol -> top recommended 2. wardah 3. skin aqua 4. uv tint -> cocok buat cewek mirip bb cream.

      Hapus
  4. Saya mau nnya mengenai postingan diatas, saya skrg lg pakai vitacid krn wajah saya mengalami jerawat kecil2 seperti komedo dgn lgsg coba kadar yg 0,1%. Saya br2 minggu ini pakai vitacid yg 0,1% itu. Kira2 apa saya hrs gnti ke kadar 0,025% sbg pemula. Soalnya saya br mencari tau ttg vitacid, kmrn saya cm dikasih saran sm tetangga. Mohon dijawab ya, terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  5. Setelah 2 minggu pemakaian vitacid wajah saya mengalami kulit mengelupas, muncul purging lumahan byk. Tp saya sedikit risih dgn munculnya purging di wajah saya. Bagaimana mnrt anda? Apa saya hrs gnti ke kadar yg 0,025% atau skrg wajah saya sedang dlm proses purging trs akan bersih setelahnya? Mohon dijawab jg ya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah langsung ke kadar 0,1% ya. kadar segitu biasanya klo jerawat parah dan ditotol di spot jerawat aja. mending kalo mau diturunin ke 0,05%. karena kulitnya sudah terpapar dosis tinggi. pakainya 2 hari sekali dulu setelah 2 minggu baru setiap hari kecuali minggu (1 hari libur).
      sebenarnya kalau nggak iritasi (panas, perih) dilanjutkan nggak apa-apa.
      kalau nggak nyaman sama krn kulitnya jadi kering, aku saranin pakai pelembab yg plain (nggak ada whitening, nggak ada parfum).
      yang penting sabar kalau ngobatin jerawat. sukses ya (o)

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Min jerwat batu ku parah sm bopeng.a juga hampir seluruh pipi , aku mau pake vitacid tp yg kadar.a brapa ?? Yg 0,05 apa 0,1 ??

    BalasHapus
  8. Kak mau nanya . Kan adik saya punya bekas jerawat yg kemerahan . Emang vitacid bisa ngilangin bekas jerawat yg kemerahan ? Terus diliat2 pas udah pake kayanya dah seminggu kulitnya kusan terus kulitnya pada terkelupas gitu . Apa gpp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bekas kemerahan kurang tau. dicoba saja ya tp sesuai petunjuk.
      oh berarti itu sedang purging. gpp, asal bukan iritasi dan perih. (o)

      Hapus
  9. Aku baca di blog sebelah, katanya vitacid bisa menyamarkan bopeng. Bener kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalaupun bisa, sangat lama karena bopeng harus diputus ikatan jaringannya.... terapi mengatasi bopeng disarankan ke dokte, lebih pasti dan jelas.

      Hapus
  10. Halo Kak,aku pakai vitacid yg 0,05% karena di apotek adanya yang kadar segitu.Aku punya jerawat di leher kak,entah nggak tau darimana dan besar2 gitu :( dari bulan Desember. Aku baru make Vitacid dua hari ini sih,tapi aku nggak ada tanda2 purging.Kalo dari foto sih kayaknya belum terjadi perubahan apa2,tapi klo aku pegang emang rada kempes gitu.Kak klo ga ada tanda2 purging itu obatnya bekerja nggak ya?
    Mohon masukannya :)
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah baru 2 hari.... tunggu 1-2 bulan, kalau nggak ada perubahan baru naikkan kadar. nggak instan ya (o)

      Hapus
  11. Salam kenal ka. Mohon sarannya ya. Q jerawatan lumayan parah. Dan banyak bekas merah di muka q. Q udh coba pke krim pmutih pi cma bkin ktergantungn. Stlah brenti mlah tmbah bnyak. N numbuhnya jg kroyokan hehe. Klu blum kluar nanah'y blum kempes n itu sakit bgt. Q skrng c lg coba pake clinidac/clindamicyn dpet saran dri sppu. Baru pke 3hri pi q baca2 di google trnyta clindamicin cma mempercepat proses pngeringan jrwat bkan mncgah timbul lgi. Q mu coba pke vitacid pi pas jrawat n bkasnya ajh itu bkaln purging jg ga ka? Q tkut purging. Hehe mav y ka jd curcol. Tlong di blz y ka

    Dtunggu sarannya
    Trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ralat, clindamicin itu anti bakteri...
      iya, kemungkinan purging ada, kan obatnya diserap kulit. oh iya daripada pake vitacid+klindamicin terpisah, mending beli mediklin-tr, itu gabungan vitacid sm clindamicin. coba baca link di nomer 21. (o)

      Hapus
  12. hai ka muka ku ada banyak bekas jerawat nya dan kadang" kalo mau datang bulan suka ada yang muncul jerawat.
    sekarang aku lg nyoba pake vitacid baru 3 hari sih tapi ada tumbuh jerawat yg awal nya blom mateng sekarang udah bernanah gitu tapi kecil sih apa itu yang namanya purging yah.....


    BalasHapus
    Balasan
    1. jerawatannya sebelum pakai vitacid? kalau iya emang vitacid mempercepat proses pematangan. mungkin juga purging, ntar kalau tambah banyak berarti kemungkinan purging, biasanya selain jerawatnya menjadi2 ntar agak kusam dan kulit ngelupas halus.
      btw itu jerawat hormonal ya? klo boleh tau umur berapa nih? hehehe. buat ngurangi intensitas jerawat hormonal coba olahraga teratur trs kira2 satu minggu sebelum "astronotan" :-) coba pake masker khusus buat mencegah jerawat.
      cewek ane gitu jerawatannya berkurang.

      Hapus
  13. ia sebelum pake vitacid...ia mungkin ini lg proses purging kali yah soal nya makin banyak juga sih jerawat nya..trus kalo sekarang jerawat nya makin banyak aku tetep pake yang 0.025 apa harus naikin level jadi pake yang 0.05? 19 thn. udah coba pake masker jerawat trus pake felling juga...akibat nya sih aku dlu pernah gaya"an ke dokter trus aku ikutan perawatan tapi jerawat nya jadi banyak untung nya aku sering pake masker tomat jadi udah sembuh tinggal bekas nya doang...tapi sering muncul juga sih jerawat nya kalo mau dateng bulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ada 1 minggu kan? sabar dulu, kalo sebulan belum oke baru naikin ya.
      atau mau dikombinasi pake niacef?
      waduh felling apa nih? =))
      ya ke dokter sih oke-oke aja, bagus malah. tapi dokter spesialis ya. memang perang melawan jerawat itu lama, yang penting sabar dan telaten biar nggak tambah parah. masker jerawat itu buat maintenance atau pencegahan biar jerawatnya nggak menjadi-jadi saat muncul.
      kalau masalah hormonal macem jerawat "astronotan" ya memang harus sabar, dan nggak bisa 100% bebas jerawat, yah 95% lah. hehehe.
      oh iya jangan lupa pake sunblock (o)

      Hapus
    2. niacef itu buat apa?
      felling kata dokter pencegah jerawat juga.
      ia itu juga dokter spesialis kecantikan tapi kenapa muka ku jadi parah kaya gini yah....
      ia awal nya sih aku kaget jerawat ku muncul lagi tapi gak lama ko jerawat ya langsung cepet kempes dan juga masa penyembuhan nya juga cepet. kalo boleh tau berapa lama sih ngilangin bekas jerawat pake vitacid ini ? oh ia kalo misal kan aku gak pake sunblok gimana soal nya aku gak pernah keluar ruangan dan tempat kerja ku juga full AC jadi gk papa kan aku gak pake sunblok juga gak kena matahari juga ka.....

      Hapus
    3. baca link di poin no. 21, dipakenya di pagi hari
      pantes nggak sembuh, difelling sih bukan peeling... :-d
      spesialis kecantikan? baru denger... hehehe, adanya spesialis kulit dan kelamin, kadang diklinik kecantikan itu cuma dokter umum juga, jd harus pinter-pinter milih.
      tambah parah? mungkin purging juga.
      ya relatif ada yang 3 bulan dah sembuh ada yang sampe 3 tahun lebih.
      instruksinya kan gt, terserah sih. lgpl layar monitorpun ngeluarin sinar uv. ruangannya ada jendela tembus sinar? lah ruangan bisa terang pas siang tanpa lampu kan gara-gara sinar matahari yang nyebar di ruangan. apa mungkin kamu bertapa di ruangan tanpa cahaya? trs berangkat sama pulangnya kalau matahari sudah terbenam? hehehe... cuma becanda.... :>)

      Hapus
    4. resiko nggak pakai sanblock paling jelek ya gosong, paling buruk ya kanker kulit. tapi masih terhitung jarang karena orang indonesia kulitnya lebih tahan sinar. tapi tetep jangan pernah nyepelekan. coba dibaca lagi artikelnya ditambah link-link yang ada soalnya saling nyambung. (o)

      Hapus
  14. halo ka salam kenal... ka vitacid bisa buat bekas jerawat yg item2 ga? trus cara memakai sunblock nya gmana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bekas mending nggak pakai vitacid, kecuali masih berjerawat sedikit. kalau masih berjerawat dan sekaligus pudarin noda bisa combo parasol+niacef+vitacid.
      pagi pakai parasol (sunblock) + niacef, malam pakai vitacid.
      niacef itu obat jerawat yang bisa memudarkan noda sekaligus coba baca link di poin 21.

      sunblock yg aku saranin yang fisik ya, contohnya parasol. pakainya kalau dikombo dengan niacef, pakai niacef tunggu 15-30 menit baru timpuk pakai parasol. parasol tahan sampai 6-8 jam, jadi bisa dioles lagi sekitar jam 12 atau 3 sore, kalau muslim kan pas tuh habis salat bisa oles ulang. coba baca link di poin 8 (o)

      Hapus
  15. tinggal bekas nya aja sih, udah ga parah tp tinggal dikit aja & ya klo hilang jadi mulus ya mau banget lah.
    kira2 pake vitacid+sunblock itu bisa manjurr bro?
    need saran.
    percuma wajah dah putih, klo masih ada bekas jerawatnya hehe

    dan 1 lagi, kan ini rencana mau ke klinik, mau microdermabrasi, nah cocok ga ya bro? dan bakalan berapa kali microdermabrasi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bekas bopeng kah? kalau bekas bopeng mending microdermabrasi atau laser ya bro, vitacid kalau bopeng kurang bagus hasilnya. oh iya kalau lagi pakai vitacid dan pengen microdermabrasi minimal berheni pakai vitacid sebulan dulu. (o)

      Hapus
  16. malam bro .. saya cowo ada problem sm jerawat dipipi saya lg nyoba vitacid yg kadar 0,025 , mau tanya pembersih aman yg cocok nih buat muka berminyak kaya saya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba saja acnes foaming wash botolnya gede dan ada pompanya atau pakai viva milk cleanser kemudian bilas pakai air hangat.(o)

      Hapus
  17. Met sore qa. Mau nnya ni. Klau mnggunakn vitacid d barengi dengan phisohex face wash gmna? Trimksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa, phisohex nggak bikin kulit kering berlebihan, malah bagus (o)

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kok dihapus, jadi penasaran :-?

      Hapus
  19. Mau tanya kak .
    Aku bru pke vitacid 1 minggu, dn langsung pke yang 0.1..
    Stelah pke muka aku tmbh bnyk jerawatnya kecil2 gtu sama merah2 ..
    Apa itu wajar kak ? Apa harus ganti ke 0.05 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. weitss.... purging itu sih, tapi kok ya belinya yang kadar 0,1. klo kadar segitu dioles ke bagian jerawatnya doang aja. klo nggak tahan mending diturunin kadarnya. trs dikombinasi pake niacef biar cepet kering. (o)

      Hapus
    2. Perihnya sih enggak kak ..
      Cuman jadi kluar kecil2 gtu .
      Jerawat aku emg awalnya kecil2 dan banyak .
      Tp jadi tmbh bnyk deh perasaan. Dan merah2 ..
      Kluarnya bru pagi ini td kak.
      Harus diturunin ya kadarnya ?

      Hapus
    3. turunin aja, soalnya kadar 0,1 itu terlalu keras.
      oh purging berarti, vitacidnya bakal ngeluarin jerawat2 sampe bersih

      Hapus
    4. Harus diturunin ya kak ?
      Efeknya gatel juga gk sih kak ?
      Masalahnya ini gatel juga ..

      Hapus
    5. harusnya nggak gatel, coba turunin dulu yak.

      Hapus
  20. Gan.. Kalo pemakaian awal vitacid dipakainya berapa kali seminggu?
    Udah gitu.. Sunblock parasolnya ga putih kaya pake bedak kan? Misalnya kalo ane wudhu sunblock nya dipakai lagi apa nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. awal bisa 2 kali seminggu, setelah 2-3 minggu bisa pake tiap hari kecuali minggu. (libur 1 hari)
      nggak putih bro
      sebaiknya pakai lagi (o)

      Hapus
    2. Gan pakai sunblock nya stiap hari apa pas semalemnya pakai vitacid aja??
      Sabun muka yg cocok untuk vitacid apa aja ya, tapi yang bisa dibli di indomaret atau apotik..

      Hapus
    3. setiap hari (o) sekalian melindungi kulit dari resiko kanker.

      yang bagus?cocok-cocokan sih. coba saja acnes atau phisohex

      Hapus
  21. Permisi bro..
    Muka ane ada flek hitam bekas2 jerawat.a nih dibgian pipi kanan-kiri, kadang masih ada jerawat juga yg tumbuh.
    Kalo saya pake vitacid yg 0.025 utk menghilangkan bekas2 jerawatnya juga bisa ga?
    Terus utk sunblock ada masukan pake sunblock apa ga?
    Terus lagi utk pembersihan sunblock & muka saat mau pake vitacid kira2 pake pembersih muka apa? Muka tidak terlalu banyak minyak, cuma mungkin kusam.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bekas hitam bisa pake melanox atau glycore.
      pakai parasol, lebih manteb sama bentuknya mirip salep jadi ga bakal malu-maluin kalo dibawa kemana-mana
      pakai sabun wajah yg sekiranya agan cocok aja atau acnes foaming wash / hadalabo tamagohada (o)

      Hapus
    2. Ok dicoba gan, terima kasih keren infonya..

      Hapus
  22. Saya periksa ke dokter, dikasih obatnya vitacid. Kalo buat cream pagi dikasihnya Diprosta Cream, apa saya tetep hrs pake sunblock?

    BalasHapus
    Balasan
    1. diprosta itu macam obat iritasi kulit ya? belum ada sunblocknya kan? pakai saja parasol, tunggu kurleb 30 menit-1jam setelah oles diprosta. atau konsul ke dokternya lagi sist (o)

      Hapus
    2. Udah hampir sebulan pake vitacid 0,025 sama diprosta nya. Jerawatnya timbul tenggelam, kadang ada kadang engga.
      Nah skrg kulit lg kering, ngelupas dan perih, sebelumnya engga.
      Apa gara-gara pake sabun muka jf sulfur ya?

      Hapus
  23. Misi gan sabun muka saya kan ponds for men, kalo saya udah pake vitacid sebaik sabun muka saya yg tadi itu sebaiknya tetap dipake atau gausah ya, terus kalo pake vitacid sabun muka yg cocok apa ? atau gausah pake sabun muka... terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya kalau nggak ada kontradiksi dipakai terus saja. masih cocok kan?

      Hapus
  24. bro parasol dipakai stiap hari atau pas semalam pemakaian vitacid aja bro.. misalnya ane pakai 2-3x sminggu??
    kalau sabun muka yang cocok untuk pemakaian vitacid apa ya?? yang terjangkau gitu.. yang bisa didapat di indomaret atau apotik bro?? :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagusnya sih setiap hari (o)
      coba saja phisohex atau acnes foaming wash

      Hapus
    2. Gini bro.. Muka ane kan sering banget keringetan kalo siang2 apakah gw harus pakai parasol lagi pas keringetnya hilang/kering?
      Kemaren kan ane beli acnes tapi yg facial wash.. Itu bagus gak bro?? :-?

      Hapus
    3. acnes facial wash yang varian apa? kan ada 2. tapi generally acnes produknya bagus-bagus. (o)

      yup kalau bisa dioles lagi parasolnya, walaupun sebenarnya dia tahan air

      Hapus
  25. Saya sudah menggunakan vitacid yg kadarnya 0,05% kurang lebih 1 bulan. sebenarnya saya ingin menghilangkan  bekas jerawat yang lumayan banyak dan beberapa jerawat kecil. Tapi mengapa sampai saat ini bekas jerawat saya belum hilang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bekas ya? sama jerawat kecil. bekas kehitaman? pakai saja niacef. (o)

      Hapus
  26. permisi mau tanya .. aku pakai vitacid 0 025 , setelah aku pakai sekitar 4-5 hari .. kok kulit muka saya jadi mengupas ya ?trus jadi memerah gitu .. itu purging atau gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. parah nggak? ada rasa perihnya? jenis kulinya apa nih? sensitif kah?
      pakainya langsung setiap hari?

      coba berhenti 2 hari terus pakainya tiap 2 hari sekali selama 2 minggu baru kemudian tiap hari.

      sabunnya nggak keras kan?

      semoga cepet beres ya (o)

      Hapus
    2. hmm .. kata temen ku sih pink ke merah merahan gitu .. kalo perih sih kaga .. maksudnya ? klo sensitif sih aku jarang pakai obat muka , jadi ga tau , tp waktu pke acnol aku baik baik aja .. tapi ga ada efek ..

      aku ga make sabun lain .. aku cuma pake vitacid sebelom tidur ..
      aku niatnya mau ilangin bopeng bopengan ku ini ..
      btw thanks ya udah di bales :)

      Hapus
    3. asal nggak kerasa perih atau iritasi lanjutin aja. pake sunblock nggak?

      lah bersihinnya gmn? pake cleanser?

      Hapus
  27. Permisi mau tanya
    Penggunaan milk cleansernya apa wajib? Soalnya dulu pake milk cleanser malah bikin jerawat kemana2. Alhamdullilah skrg tinggal bekasnya aja sm jerawat kecil2. Bagusnya menggunakan vitacid atau mediklin ya? Temen sih rekomendasi vitacid. Ohiya kl penggunaan facial foam ponds apakan ttp aman menggunakan vitacid? Hehehhe terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak, skincare itu cocok-cocokan. kalau nggak cocok ya jangan diikuti. (o)

      bekas item sama jerawat kecil? coba niacef 4% lumayan bagus. kalau bekasnya rada nggak rata gitu mending microdermabrasi atau tetep pakai vitaci.

      ada asam salisilatnya nggak? kalau ada mending ganti.

      Hapus
  28. Bro kan gw pake yg 0,025 stiap hari gw pake.. Kok muka gw tambah item yak??
    Udah gitu blom bekerja kayaknya yg 0,025 apa gw harus pake yg 0,05 bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake sunblock ga?
      emg vitacid bikin kusem

      Hapus
  29. Kak mau nanya . Saya kan dikasih obat cindala gel buat pagi sama siang . Vitacid sama acne feldin malam tapi selang seling . Sekarang tinggal bekasnya sama ada lubangnya . Mending pake vitacid aja atau semua obatnya tetep dipake . Atau kakak punya obat yg lebih bagus (manjur) tapi buat kulit sensitive . Mohon dibalas .

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya bro baru bales

      bekas lubang maaf bopeng gitu gan? klo mau diratain ke dokter aja ya, ntar bakal diberi tindakan.

      Hapus
  30. Kak aku baru pertama kali pakai vitacid, aku udh beli tp yg kadarnya 0,05. Gpp kan kak kalau aku lgsg pake kadar segini? Soalnya kmrn nyari yg 0,025 gk dpt. Oia sebaiknya utk pemula cara pakainya gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry baru bales ya.

      nggak apa apa sebenarnya. tapi kalau terasa perih dihentikan ya.
      pakainya 2 minggu pertama 2 hari sekali, klo udah gitu bisa tiap hari.

      inget pake sunblock

      Hapus
    2. Aku pake sunblok parasol yg warna ungu (gatau kadar spfnya itu yg berapa?) dan tiap pagi pake niacef 4%. sabun mukanya acnes creamy wash dan tiap sore pake masker alami tomat. Itu perpaduannya aman kan?

      Hapus
    3. Oia tambahan lg kak, selama pengobatan kalau aku mau pake bedak bagusnya yg gmn ya, ada saran gk?

      Hapus
    4. aman bgt tuh hehe.

      aku ga ngerti bedak. haha :>)

      Hapus
  31. obat yang recomended buat ngilangin bekas jerawat apa ya?? saya masih 17 tahun.
    sekarang saya masih ada jerawat yg aktif.. apa sebaiknya saya nunggu ga ada jerawat dlu? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry baru bales...

      bekas gimana? hitam apa ga rata? klo hitam trs ada jerawat aktif mending pakai niacef 4%

      Hapus
  32. jerawaten tyuz ada bekas jrwatnya item2 gt, nah skg sy lg make vitacid kadar 0,05 dan kalo pg make sunblock parasol spf 33, sy uda seminggu makeknya kok wjah sy malah kusam tyuz tmbah berminyak ya kak ? N malah tmbuh jrwat kcil2 bnyk bngt gt kak d jidat, itu kira2 sy sebaiknya nerusin ap ga ya kak ?
    Tyuz satu lg, kn makeknya selang seling ya kak, misal senin make slsa nggak tyuz rabu makek lg, nah pas slsanya itu pas mlmnya bole di selingi make masker putih telur ngga kak ?
    Makasi kak m'f kbnykn nnyak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry baru bales.

      purging tuh, gpp lanjut aja.
      masker putih telur jangan sering-sering yak. sesekali gapapa.

      Hapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Gan saya mau nanya nih,kan saya pemula nih pake vitacid, saya baru beli vitacid 0,1 karena belum tau dan masih nyari2. Kalo pake vitacid langsung yang 0,1 gmna gan ? Kondisi muka sih ga terlalu parah cuma ada bekas2 jerawat yang bikin sebagian muka rada kemerahan kaya pake topeng di pipi gitu gan. Sebelumnya ane udah ga pernah pake2 lagi obat2 jerawat kecuali 1 obat yang dikasih dokter terus sekarang udah abis, dan pengen nyoba vitacid. Tapi setelah saya baca komen2 diatas kok jadi takut pake ya gan, masalah utamanya sih takutnya yang asalnya wajah saya udah rada ga berjerawatan parah malah jadi jerawatan parah lagi setelah pake vitacid ini gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru bales bro, klo udah terlajur, pakainya ditotol aja
      emang efeknya itu purging, jerawatnya keluar semua ntar bersih kok. (o)

      Hapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Min pemakaian untuk bekas jerawat aja gpp kan? saya pke yg 0.5 karena bekas jerawatnya susah hilang, untuk pemakaian apa gpp kalo sambil aktifitas seperti(maen game online) tapi malem hari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak apa2 bro.
      bekas gimana dulu?

      Hapus
  37. Ka aku 17thn kelas 3sma, problemnya jerawat kecil kecil dibagian pipi kanan kiri yg makin banyak kata temen temenku. Aku sehari hari pake pelembab citra dan bedak marcks. Aku bingung banget cara ngilangin bekasnya soalnya kalau jerawatnya ga terlalu meradang. Tolong bantu bgt ka lebih baik melanox atau vitacid ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bekas gimana dulu ya? hitam, merah? atau luka bopeng gitu? hehe

      Hapus
  38. aku lagi coba pakai vitacid , awal nya jerawat gara2 pki cream pemutih , pdhl aslinya ga prnh jerawatan #nyesek , curhat. xixi

    tanya sunblock yg bagus untuk wajah saat pki vitacid apa ya? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry baru bales

      pakai parasol ya, beli di apotek

      Hapus
  39. baru pakai vitacid yg 0.25 dari tgl 5 april 2015 , blm seminggu sdh keluar jerawat bnyk n mateng gitu , blm pki sunblock juga , kira2 bgs nya pki sunblock apa ya saat ini pd saat sy menggunakan vitacid?
    trus termasuk purging kah keluhan sy di ats td , tapi wajah sy gatal namun tdk sakit atau perih.

    BalasHapus
  40. Ka mau nanya . Kan aku ke dokter kulit Dikasih obat cindala buat pagi sama siang . Terus vitacid sama acne feldin malem tapi selang seling . Sekarang tinggal bekasnya tapi merah. Mendingan pake vitacid aja atau pake semuanya . Atau kakak tau obat yg lain buat ngilangin bekas kemerahan buat kulit sensitive

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry, baru sempet bales.

      wah mending konsul sama dokternya lagi hehe.
      bekas merah itu tricky hehe.

      Hapus
    2. Kalau cuci muka pake sabun bayi bagus ga ? Terus kalau dibarengin sama obat yg di atas aku bilang atau sama vitacid ga akan apa apa?

      Hapus
    3. sabun bayi? boleh aja bro

      Hapus
    4. Pingin nanya terus ka penasaran haha . Maaf ya . Kan di atas ada sample foto , itu jerawatnya merah tapi pas afternya bersih banget . Cuman pake vitacid aja ?

      Hapus
    5. kalau dari sumbernya hanya dicantumin pemakaian tretinoin selama kurleb 2 tahun :-d

      Hapus
    6. Ka kalau ngilangin bopeng sama bekas kemerahan ke dokter di gimanain yah terus kakak tau ga biasanya harganya berapa . Terus cuman sekali atau harus rutin ?hehe

      Hapus
    7. ada yg dilaser, microdermabrasi dll tergantung tingkatnya. biasanya butuh beberapa kali tindakan sampai licin kulitnya. tergantung lagi dokter/kliniknya mulai dari 250k (o)

      Hapus
  41. kalo vitacid plus elocon boleh di mixed kga ?
    ktnya biar ga jerawatan sm ampuh bgt buat ngilangin bekas yg item2 atau coklat akibat jerawat batu. soalnya muka msh ada jerawat batu tp dikit sm bekas jerawatnya banyak bgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry bro lagi bales.

      bisa dikombinasi bro, pagi sebelum pakai sunblock bisa pakai niacef 4%. ini obat jerawat tp bisa memudarkan bekas item juga (o)

      Hapus
  42. gan bahaya nggak kalau pakek vitacid umur 17 tahun
    mohon saran dan solusi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. takut pake vitacid? coba pakai obat yang lain. itu coba baca poin 21.

      Hapus
  43. Kalau pake vitavid bgusnya pake sabun apa yg cocok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ringan aja, macam acnes foaming wash (botol pompa) atau pakai milk cleanser viva trs di bilas air hangat.

      Hapus
  44. Hai aku nensyh..aku dh seminggu pakai vitacid 0,025.terasa sudah berkurang jerawatku.jerawatku sih ga byak..cma pipi kanan kiri sama dahi..
    Kalau buat ngilangin bekas jerawatnya pakai apa ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bekas yg gimana dulu nih? hitam? kemerahan? atau nggak rata/bopeng?

      Hapus
  45. Klo pke vitacid boleh nggak pke pencuci muka JF sulfur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan ya (o)
      pake sabun tanpa sulfur. sabun yang bentuknya foam lebih oke

      Hapus
  46. Saya mau tanyya..Klo pke vitacid bolehnggak pke pencuciJF sulfur..
    oiya klo siang pke sunblock apa yg bgus

    BalasHapus
  47. kak..aku udh 1 bulan pke vitacid kadar 0.025...hasilnya bkin purging parah,,dan jerawat juga bernanah.. :( bikin gak pede.. Pdhl dlunya cm bruntusan ajaa,... Biar jerawat cpt matang n kering apa aku harus naikin k kadar 0.05 kak? atau ttp aja? obat yg bsa diminum buat ngurangin radangnya kira2 ada gak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending tetep aja
      biar cepet kering paginya dipakein niacef 4%. sebelum pake sunblock (o)

      Hapus
  48. kak..aku udh 1 bulan pke vitacid kadar 0.025...hasilnya bkin purging parah,,dan jerawat juga bernanah.. :( bikin gak pede.. Pdhl dlunya cm bruntusan ajaa,... Biar jerawat cpt matang n kering apa aku harus naikin k kadar 0.05 kak? atau ttp aja? obat yg bsa diminum buat ngurangin radangnya kira2 ada gak kak?

    BalasHapus
  49. Kak ini mukaku ada bekas jerawatnya gtu dipipi kiri-kanan trs bekas jrwtnya agak kemerahan. Cara ngehilanginnya gmna ya kak? Bagusnya pkai apa? Pkai vitacid atau apa gt. Tp umrku bru mau msk 16thn. Sarannya ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bekas jerawat kemerahan ya?
      wah itu tricky bgt hehe. coba konsul dokter.
      maaf ya nggak bisa bantu

      Hapus
  50. Halo kaka ini saya ada berapa pertanyaan,

    1) Bagaimana urutan pemakaian vitacid dan sunblock ? Vitacid dulu apa sunblok? Jika vitacid dulu nunggu berapa lama barumemakai sunblock ?

    2. Kak, apa vitacid ini bisa dikombinasikan dengan minox untuk terapi hair lost ? Soalnya ada seller di tokopedia menjelaskan tentang kombinasi dengan minox.. Bagaimana menurut kaka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. vitacid dipake malem sblm tidur, jd nggak perlu sunblock. (o)
      2. sebaiknya jangan ya, kemungkinan iritasi dikulit tambah gede. [-(

      Hapus
  51. Ka mau nanya . Kan vitacid dipakenya malam . Kalau pagi sama siangnya pake seger snow gimana sama sama dari acid ? Terus kalau tinggal bekasnya mending pake vitacid kadar berapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seger snow? maaf nggak tahu hehe. acid yang apa itu?
      bekas hitam? mending pakai whitening/lightening overcounter atau kalau berani pakai melanox (o)

      Hapus
    2. Seger snow bahannya ada stearic acid . Citric acid ferulic acid . Whitening yg bagus apa ka . Emang kalau pake melanox kenapa ? Kalau pake whitening atau melanox vitacidnya harus berhenti pakai ? Cara pemakaiannya gimana ka ? Hhe

      Hapus
    3. yang cocok aja sama kulitmu. kalau cocok sama ponds ya pakai ponds, cocoknya garnier ya pakai garnier hehehe.... skincare itu hasilnya individual.

      melanox cream itu isinya hidroquinon. coba baca di blog ini ada kok. (o)

      Hapus
    4. Kak katanya ngilangin bopeng bisa pakai perasan air lemon ? Kalau misalnya pagi pake perasan air lemon malem nya pake vitacid gimana ka . Kan lemon itu asam . Apakah boleh ?

      Hapus
    5. air lemon? mau dipakai berapa puluh tahun? :>) bukan skeptis ya, tp bopeng itu nggak hanya scar di kulit luar tapi kulit dalam jadi butuh tindakan yang lebih expert untuk meratakannya. (o)

      Hapus
  52. Hallo mas terimakasih atas reviewnya. Berguna sekali :)
    Begini mas saya sudah pakai vitacid selama 3 minggu dan jerawat saya muncul terus menerus. Matang dan muncul lagi yg baru. Apakah itu bagus?
    Saya memakai immortal face wash acne (ingridients nya terdapat salycilat acid) dan pelembab garnier, bedak tabuh acne erha. Apakah bisa saya kombinasikan dgn vitacid dan parasol cream? Terima kasih mohon balasannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya biasanya gitu, jerawatnya bakal membabi buta (baca lagi etiket yang ada di dalam kemasan)

      biasanya kalau lagi pakai vitacid disarankannya nggak pakai makeup. atau kalau mau pakai make up dan pelembap yang ringan aja ya

      di kombinasi gimana? campur trs dipakai pagi? nggak boleh (o)
      vitacid cuma dipakai malam, parasol dipakai pagi dan siang sbg pelindung/sunblock

      Hapus
    2. iya ka pelembab nya ringan ko :)
      jadi vitacid malam hari, parasol, pelembab dan bedak di pagi hari.
      bagaimana dengan immortal face wash for acne ka, boleh dipake gak ya?
      kalau saya ganti dengan sabun bayi gmn? saya takut muka saya hancur. huhu. ;-(

      terima kasih ya atas balasannya :)

      Hapus
    3. yuhu klo pake parasol urutannya -> pelembap, parasol, bedak

      coba aja deh kalau cuma face wash, tp kalo jadi perih sama iritasi mending berhenti (o)

      Hapus
  53. Assalamualaikum, saya pria usia 18. Wajah saya banyak bintik tonjolan putih(mungkin komedo putih), komedo hitam, jerawat merah kecil kalau keluar 1-3, berminyak apa baik pakai vitacid? Terus soal sunblock yang baik untuk wajah kaya gini pakai apa? Kalau lagi pakai vitacid lebih baik facial wash apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus binggo... :-d

      pakai parasol spf 33 (recommended) atau merek lain (wardah,acnes dll)

      facial wash yang ringan -> acnes foaming wash/phisohex/himalaya foaming wash

      Hapus
    2. Langsung ke 0,5 gapapa? Saat purging gitu ada rasa perih dan gatal atau biasa aja?
      Phisohex bagus untuk mengontrol minyak di wajah?
      Makasih informasinya

      Hapus
    3. gpp.... plg agak gatal, beberapa perih tp klo sampe 3 hari perih ga ilang kadarnya diturunin

      bagus kok

      (o)

      Hapus
  54. kak mau tanya kalo wajah jd merah, panas, trus perih apa penggunaannya harus berhenti atau bisa dilanjut lagi kalo udah sembuh? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. berhenti ya dek (o) sepertinya iritasi itu.
      mending pakai obat yang lain. coba klik link di poin nomer 21
      good luck :))

      Hapus
  55. assalamualaikum
    kak ,apakah vitacid tersedia di apotik2,...............?????

    BalasHapus
  56. Mas saya sering tumbuh jerawat batu yg sebesar biji jagung umur saya 18 th apakah itu purging.. bekas jerawatnya juga banyak soalnya ngga betah kalo jerawatan.. kira kira harus make viticid yg kadar brp ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari kadar yang rendah dulu ya (o)

      Hapus
  57. Kak kemarin saya beli vitacid sama parasol yg spf 33. boleh gak pake sabun JF Sulfur buat cuci mukanya?? Atau ada rekomendasi sabun atau facial foam lain?? terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo tahan sih gapapa, cm klo jd iritasi (perih kemerahan seperti kepiting rebus) stop ya (o)

      Hapus
  58. ka mau tanya dong. aku baru banget beli vitacid ini. kebetulan sebelumnya aku pakai perawatan sariayu acne care dan cuci mukanya juga pakai sariayu pembersih jerawat. sebelum tidur biasanya aku pakai pembersih dan penyegar sariayu jeruk dan kalau mau keluar memakai pelembap sariayu. nah kan katanya kalau pakai vitacid ini tidak boleh dicampur, lalu kalau aku pakai cuci muka sariayu dan pelembap sariayu boleh atau tidak? terimakasih ditunggu jawabannya ya kak :D, jerawatku banyak banget ini soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa untuk sabun wajahnya.
      buat pelembapnya sebisa mungkin dipake pagi + sunblock

      klo boleh tau bahan aktifnya apa ya? hehe

      Hapus
  59. Mlm ka,,
    Sya pnya mslh jrwt di pipi knan kiri yg menyatu dn merh gede, dn beruntusan di jidat sebaiknya pake vitacid yg brpa %?? Jika ponds flawses white lightening cream di aplikasikan dg parasol dn bedak marcks sbgai pele,bab apkh tdk apa??? Dn apabila sudh tinggaal bekasnya bagusnya pake apa ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. mulai dari yang paling rendah karena ga tau seberapa sensitifnya kulitmu :D lebih baik perlahan-lahan daripada menyesal kan?

      klo bisa pondsnya stop, biasanya rada bentrok. hehe. klo mau putihin kulit itu sebaiknya jerawatnya disembuhin dulu

      Hapus
  60. Hay kak , saya pake vitacid yang 0,05 sudah 1 bulan untuk mengobati bekas jerawat hitam aja, tpi kok bekas jerawat saya malah nambah karena efek dari purging tersebut, apa saya harus naikan kadar ke 0,1 atau lanjut saja karena emg prosesnya gtu dan btuh wktu lebih lama lagi untuk sembuh? Mohon di jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah pake vitacid kan tujuannya utamanya buat nyembuhin jerawat, selama jerawatnya belum tuntas ilang ya sembuhin dulu, dikombinasi pakai niacef klo pagi ya.

      Hapus
  61. malam ka,

    ka, saya sudah menggunakan vitacid sejak beberapa hari yang lalu, dan saat menggunakan vitacid saya sering bermain sepakbola disore hari sekitaran jam 04.30.

    pertanyaan saya, apa boleh bermain sepakbola saat penggunaan vitacid ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. walau agak lebay, jangan lupa pake sunblock (o)

      Hapus
  62. Kak mau nanya. Kl kulit berjerwat boleh facial gk sih??? Terimakasihh ^^

    BalasHapus
  63. Mau tanya ya. Saya hari ini baru pertama kali pakai vitacid. Apa harus pakai 2x seminggu dulu atau bole pakai setiap hari?

    Kalo siangnya saya pakai produk kiehl's khusus jerawat (toner, pelembab, anti bruntusan, sunblock) apa bole?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagusnya sih 2x seminggu biar kulit adaptasi, kalo mau dipake setiap hari juga boleh aja, tp harus notice klo ada tanda-tanda iritasi. btw klo pake yang 0,025% bisa lgsg tiap hari.

      boleh aja. yang penting kalau ada tanda iritasi lgsg berhenti (o)

      Hapus
  64. Kak, mau minta sarannya. Mukaku berjerawat, katanya sih jerawat blackhead gitu di pipi kanan kiri dan jidat, jd bruntus banya bgt gtu :( nah aku disarankan sm kakakku pakai vitacid dan sabunnya phisohex. Tp aku bngung pakai sunblock apa yg cocok dgn aku. Lbih baik parasol atau acne uv tint ya? Trs stelah pakai sunblock apa boleh memakai bedak? Bedak yg saya gunakan marcs venus. Mohon sarannya, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kulitnya cerah/putih? klao iya pake uv tint ntar ky bb cream tipis. jadi bagus, tapi (sorry) klo kulitnya gelap mending pake parasol. klo lebih sering berkeringat pakai parasol juga oke. (o)

      Hapus
    2. Kulitku cerah kak. Kalo misal pakai parasol yg warna orange apa ungu ya kak? Kan parasol ada 2 hehe bngung

      Hapus
    3. orange, spf 33, perlindungan lebih bagus.
      klo dapat yg spf 45 whitening juga gpp

      Hapus
  65. Mas broo, kemaren saya beli vitacid ke apotek. trus kata apotekernya yang bagus vitacid 0,1. katanya bisa langsung buat ngilangin bekas2 jerawatnya. plus sunsblocknya saya di kasih PABANOX, soalnya PARASOL lagi habis. apa gak apa2 tu langsung pake yang 0,1?? soalnya apotekernya bilang kalau buat cwok mah gak pa2.... kalau sunblock bagus mana PARASOL atau PABANOK??

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya emg kulit cowok lebih tahan banting. tp klo iritasi (perih, kemerahan) mending diturunin kadarnya. oh iya pakainya di spot jerawatnya aja.

      itu sama aja kok. pabanoxnya yang spf 15 bukan? tp plg bagus sebenernya parasol.
      yg penting rajin-rajin oles aja. minimal pagi sama siang hari

      Hapus
  66. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak apa-apa kok (o)

      yg penting kenali diri sendiri ya (o)

      Hapus
  67. Maaf ada tambahan sedikit, wardah lightening gentle wash diingredientsnya terdapat kandungan propylene glycol kak.

    BalasHapus
  68. Siang gan, mau sharing dan tanya ya.. aku 24 tahun, kulit kombinasi, sudah 3 hari pakai vitacid (setiap hari) di seluruh wajah. Jerawat nya kebanyakan yg kecil2, white head, komedo doang ga ada yg gede2. Aku ngerasa muka aku jadi kaya ada bayangan2 merah dan permukaannya agak kasar, tumbuh white head di tempat2 yg tadinya mulus. apakah sebaiknya dilanjutkan pemakaian seluruh wajah atau di bagian T zone yg komedo an aja?



    terus aku lanjutin pakai acnes facial foam brarti gapapa ya? karena takutnya itu kan mengandung acid dan keluarganya.. takut crash aja..



    please advice nya ya.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah aku jawab di ig ya sis (o)

      Hapus
  69. Boleh barengan ga pake vitacid sama skincare clean&clear?

    BalasHapus
  70. Ka aku mau tanya pelembab sama sabun muka yang cocok buat dipadukan sama vitacid apa ya buat ngilangi bekas nya yg itemitem

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabunnya bs cb acnes.klo pengen ngilangin bekasnya bisa dikombinasi pake niacef, niacef pagi, vitacid malem

      Hapus
  71. gan tolong sarannya..
    aku udah pake vitacid 0,05 selama 3 minggu pemakaian setiap hari, ini jerawatnya makin bnyak gan ada yg gede2 gan, susah sekali kempesnya . dan udah 3 minggu ini masih tetap tumbuh dan bnyak... -_-
    apa saya harus naikan kadar nya ya gan?? tolong di bales ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaelah 3 minggu mah masih sebentar ituh, hahaha. aku 6 bulan purging hehehe. klo ga tahan dinaikin aja, tp pas spot-spot jerawatnya doang.

      yang sabar ya om (o)

      Hapus
    2. kalo yang 0,1 gak bole seluruh muka ya mas??
      trus mas kan ada tu jerawat yg isi nya nana, susah kali itu kempesnya mas, bole dipencet2 gak mas?? atau ado obat buat kempesinnya lebih cepat mas??
      tolong mas kasih saran :))

      Hapus
    3. truss 1 lg mas, apa ada obat minum yang bisa mempercepat kesembuhannya?? (p)

      Hapus
    4. heem klo yang 0,1 di spot aja. jangan, ntar klo pake vitacid 0,1 bakal kelar kok, ntar cepet bgt matangnya.

      obat minum? klo berani roaccutane, ini aslinya obat illegal hahaha. tp di fjb/olshop banyak yg jual. di blog ini ada artikel efek samping roaccutan. cari aja di daftar isi. (o)

      Hapus
    5. oh iya itu link artikelnya ada di poin nomer 3

      Hapus
  72. gan..sya pny mslh dgn jrawat, dlu wjah sya mulus tp skrg jrawatan dan sya udh pke sgala mcm cra tpi tetap aja nambah gan. itu klo pke vitacid boleh gx umur sya mau ke 15 thn..mohon sarannya.!

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih 15 tahun ya? lah itu lagi pubertas, normal gpp yang penting jaga kebersihan kulit, pulang sekolah langsung cuci muka, klo keringatan jangan lap pake tangan. pake sapu tangan bersih/tisu. jangan dipegang-pegang mukanya. jangan pake makeup dulu hehe.

      mending obatnya pake niacef atau benzolac. vitacidnya pake klo udah 17+ ya kasian kulitmu ntar. coba klik link di nomer 21 (o)

      Hapus
  73. malem mas, jerawat ane udah 7bulanan ada tapi ga ilang", malah jerawatnya labil banget kadang ilang (walau masih ada beberapa) kadang banyak banget sampe nutupin pipinya, tipe jerawat saya kecil" kaya ada putih"nya gitu dan ada juga yg gedenya tapi palingan 1 atau 2 gitu kalo kata kaka saya si jerawat nasi, dan jerawatnya parah mas buanyak banget di bagian pipi, yg didahi sama didagu mah alhamdulillah udah ilang
    dan waktu hari selasa kemarin" nya lagi ane pernah sempet konsultasi ke dokter kulit, dan setelah konsultasi saya dikasih obat kapsul doxycyclyne dan vitacid 0.25% sama mediklin yg oranye, pemakaiaan vitacid dusuruh malam sebelum tidur, dan mediklin pagi sore... setelah saya ngeliat kegunaan vitacid ternyata harus pake sunblock dan saya ga dikasih sunblocknya sama dokter kulitnya, saya udah mengolesi tiap hari tapi kenapa jerawat makin parah? apakah itu efek purgingnya?
    atau karna ga memakai sunblock?
    dan saya bingung harus memakai sunblock apa tidak, soalnya pagi sore nya makenya mediklin yg orange

    tolong pencerahannya mas, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wew dokternya gmn itu, pdhl di etiket/petunjuknya harus pakai sunblock. mungkin emg ga ada stok kali hehe. sebaiknya pakai sunblock. beli aja parasol, dipakenya nunggu 15-30 menit sesudah mediklin.

      itu purging, emg bakal parah bgt, jerawatnya keluar semua, yang sabar aja.

      Hapus
  74. min mau nanya ni. kan aku pake vitacid yg 0,05 bru 3hr sih tp jerawat nya keroyokan ni kluarnya sma muka tekupas . trs kdang kya rasa gatal gt tp gak persih sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat menikmati masa purging... yang sabar ya :d

      Hapus
  75. Min maunya kan muka aku berminyak, kalo mau pake sunblock parasol gpp? Ga akan tambah berminyak? Kalo boleh parasolnya yang spf berapa ya? 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. parasol cream nggak berminyak kok. klo aktivitasnya banyak diluar / mudah berkeringat/suka berenang / berjemur pakai saja yang SPF 33. Ada artikel baru bahas parasol kok. (o)

      Hapus
  76. mas, saya baru pake vitacid 0,025 selama seminggu dengan pemakaian 3 hari sekali. sunblocknya pake parasol spf 30 tapi bentuknya lotion, sedangkan sabunnya pake phisohex. semenjak pake vitacid, muncul bruntusan kecil-kecil semuka-muka,,,apa itu purging atau iritasi?? trus nanti bisa hilang sendiri atau gimana? kl pake vitacid 0,025 bisa tiap hari atau harus ada jedanya?? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. purging itu, klo iritasi biasanya perih sakit. gpp lanjut tiap hari kecuali hari minggu (o)
      klo sampe 2 bulan nggak ada peningkatan dinaikin kadarnya.

      Hapus
  77. ka, aku dulu pernah pake votacid tp cuma 2 minggu krn males, skrg baru mulai pake lg yg 0,05 baru 3 hari makenya, gapake sunblock krn dirumah aja, keluar slalu malem. jerawatku gaterlalu parah, cuma beberapa aja sisanya kaya bintik2 kecil brutusan gitu. setelah 3 hari kulit udah ngelupas, tp kulit ku agak panas tapi ga merah. kemaren lagi terpaksa harus dandan krn ada acara, pas lagi ngeratain foundatiom kulit sakit bgt kena gesekan tangan pas lago diratainnya, pas selama muka pake up itu rasanya tambah panas. harus gmn yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. diturunin kadarnya ya, kayaknya km iritasi.
      sabun wajahnya apa ya? klo pagi pake pelembap nggak?

      Hapus
  78. Kak mau tanya pipi aku kanan sama kiri banyak bekas jerawatnya item item gitu tapi kalo kena sinar matahari jadi merah dan kalo lagi ngaca tuh mukanya kelihatan kusam dan jelek banget sampe pengen nangis. . apa vitacid bisa ngilangin bekas jerawat kayak gitu ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. bekas jerawat yah? hmmm... coba pakai glyore aja ya? (o)

      Hapus
  79. Min klo menyusui pake vitacid aman ga? Klo niacef fungsinya sama spt elocon?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan ya.niacef fungsinya lebih mirip benzolac, dia bikin jerawat mengering dan mengurangi peradangan (anti inflamasi)
      bonusnya menghilangkan bekas jerawat (agent whitening)

      Hapus
  80. mas bro, mau tnya pang,,,
    ngilang bkas jerawat n jerawatnya pkek yg 0,05 aman ga mas bro, tapi bingung ne lok mau brngkat kerja naik bis perusahaan ada ACnya sih cma waktu nunggu kan banyk debu hrus pkek lapisan apa ne buat muka, mna malu banged klok keliatan bekas jerawat yg bnyk begini,,, jwab ya mas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakainya kan cuma malem hari. yah kalo pake vitacid sih harusnya cuma pake sunblock doang (o)

      Hapus
  81. haloo kak. aq lagi ada problem nih am wajah aq sebeumnya aq jarang jerawatan paling paling kalo pas maaf datang bulan hehe
    tp kali ini lain jerawat tumbuh banyak di pipi dan di dahi kata tmn aq karna perubahan cuaca ini, setelah aq ganti bedak pandet wardah malah makin bnyk..
    lha skrg aq minum obt herbal kalo ngga salah namnya yusan tp kulit malah kering dan mengelupas tipis. klo malam aq pake bio spray gold kak. minta solusi nya donk kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dilepas satu-satu, cari penyebabnya dulu. klo gara2 bedak ya berarti balik ke bedak yang dulu aja. klo kulit kering gitu bisa pakai pelembap yang enteng. klo mau pake obat jerawat coba pake niacef atau benzolac dulu. jerawat ringan aja kan?

      Hapus
  82. mas mau nanya dong kalo pake vitacid malem,paginya pake wardah bb cream evereyday beauty balm spf 30 bole ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh aja sebenernya, tp sebaiknya hindari kosmetik dulu 9o)

      Hapus
  83. kak kan aku dr januari tiba2 muncul jerawat numpuk di rahang kiri sama kanan. udah nyoba macem2 ga mempan trus nyobain produk korea berhasil tuh jerawatnya ilang tapi malah bekas jerawat ga ilang. bekasnya item2 gitu kak. nah skrg tinggal jerawat dikit2 1-4 doang. kalo kayak gitu aku make benzolac buat jerawatnya sama niacef buat bekasnya bisa kan ya? makasih kak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai niacef aja, niacef itu obat jerawat kok tp juga bs ngilangi bekas item juga (o)

      Hapus

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.